Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Arisan Link: Kiat Semangat Berkarya dari Dunia Biza

with 2 comments
Kiat Semangat Berkarya dari Dunia Biza

Dunia Biza adalah nama domain sekaligus nama blog milik Mbak Ira Guslina Sufa. Mbak Ira sendiri seorang blogger yang mengalami masa pasang surut dari tahun 2009 sampai dengan akhir 2015 dia mulai kembali aktif ngeblog, dan seiring dengan keaktifan tersebut dia juga memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan memilih hijrah menjadi fulltime blogger.

Bisa dibilang, usia Mbak Ira di dunia blogging ini masih sangat muda, tapi saya heran, dengan usia yang belum genap setahun ini, mbak ira sudah berhasil memenangkan 10 kompetisi blog, keren banget, nggak sih, saya aja yang udah hampir 3 tahunan belum pernah menang kompetisi blog, kurang sesajen kali, ya, hehehe #skip

Tapi, setelah saya baca-baca beberapa artikel di blog Dunia Biza, kemenangan mbak ira tersebut memang layak dia dapatkan, artikelnya lengkap, informasi yang disampaikan nggak setengah-setengah, update blog-nya pun rutin, jadi nggak terkesan suwung.. 
Saya sedikit belajar dari salah satu artikel di Dunia Biza, artikel tentang 10 Kiat Agar Terus Menulis dan Berkarya, mungkin ini juga salah satu tips yang menjadikan Mbak Ira berhasil memenangi beberapa kompetisi yang dia tulis di laman abot me-nya. Lalu, apa saja kiat-kiat tersebut?

1. Semangat Belajar.

Ya, memang dengan semangat belajar, seseorang akan lebih mudah melalui step by step yang harus dikuasai dalam hal tulis menulis. Jadi bagi seorang pemula, dia harus siap untuk mengumpulkan semangat yang membara dalam proses belajar menulisnya.

2. Cerita Sederhana dengan Bahan yang Dikuasai. 

Dengan bahan yang sudah dikuasai, biasanya blogger akan menulis sebuah artikel/cerita secara mengalir, enak dibaca, terlebih informasi yang akan disampaikan pun nggak setengah-setengah, mengingat bahan tulisan sudah dikuasai sebelumnya. Perpaduan informasi lengkap dan tulisan yang, mengutip kalimat Mbak Ira, “Lebih hidup dan bernyawa” nggak akan menjadikan pembaca bosan untuk membacanya.

3. Berkolaborasilah dan Bergabung dengan Komunitas. 

Dengan tergabung dalam sebuah komunitas, seorang blogger akan dengan mudah bertukar informasi dengan anggota lain, sehingga semangat yang terdapat dalam komunitas tersebut pun akan menular, dan blogger akan lebih konsisten dalam menghasilkan karya. Karena dari komunitas kadang terdapat ide dan inspirasi yang nggak diduga.

Nah, dari kiat Mbak Ira di atas, paling nggak kita sudah bisa menerka beberapa cara agar semangat berkarya kita tetap terjaga. Tapi, kok kiat di atas cuma ada tiga, ya? Memang, sih, kiatnya ada 10.. Tapi.. biar penasaran, kiat yang lain bisa langsung dibaca di blognya Mbak Ira, yaaa.. Selain Tips menulis, Mbak Ira juga menulis tentang parenting, finansial, dan beberapa cerpen. kalian bisa, mencari, melihat, dan membaca tulisan-tulisan bermanfaat lainnya di Blog Dunia Biza. :D



Sincerely,

Kiat Semangat Berkarya dari Dunia Biza

2 comments:

  1. Harus belajar banyak dari mbak ira nih yang track record ikut lombanya banyak menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mbak.. Padahal ngeblognya bisa dibilang masih baru banget, dan udah 10 kali menang, aja.. Usia blognya aja belum sampe 10 bulan. Mbak Ira keren banget emang. :|

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com