Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Terima Kasih, Startup!

with 6 comments


Bicara soal start up, sekarang ini di Indonesia sudah banyak berkembang start up dengan beberapa penggagas kaum muda belia penuh semangat dan talenta. Bagi mereka yang kaya akan ide kreatif dengan ulet memaksimalkan manfaat kecanggihan teknologi serta jaringan internet yang ada saat ini. Tapi Btw, apa sih, start up itu? Menurut sumber informasi dari Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup karena perusahaan tersebut belum lama beroperasi, dengan sekitar usia 3 tahun dengan tim kerja yang nggak lebih dari 30 orang, dan tentunya sebagian besar merupakan perusahaan yang masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Startup sendiri lebih mengacu pada perusahaan dalam versi digital atau online, salah satu contoh perusahaan startup adalah e-commerce yang saat ini semakin membludak keberadaannya di Indonesia.

Saya sendiri sebagai makhluk tuhan yang paling syeksyih menjadi salah satu penikmat kemudahan-kemudahan yang dihadirkan oleh kecanggihan teknologi, merasa sangat terbantu dengan berkembangnya ragam startup tersebut. Mulai dari kebutuhan dalam bidang edukasi, hiburan terlebih jasa, semua dapat saya penuhi hanya dengan sekali duduk. Mau belanja? Buka e-commerce, mau belajar? banyak kok, startup yang menyediakan informasi penting dan terkini, mau nonton drama korea? gampang! streaming saja pakai siinih. Nah, kan, hanya dengan diam di tempat, semua kebutuhan rohani dan jasmani saya bisa terpenuhi melalui ide-ide kreatif para penggagas startup tersebut *sembah*.

Salah satu startup di Indonesia yang sudah menunjukkan kesuksesannya adalah forum komunitas kaskus, di sana terdapat banyak sekali kasak-kusuk yang syarat informasi bermanfaat, seperti artikel bisnis, suara pelanggan, teknologi, pendidikan, dan ragam tema artikel lain, selain artikel, kaskus juga menyediakan fitur kegiatan jual-beli online, serta forum diskusi antar member. Saya sendiri sempat dua kali membuat akun di forum tersebut, tapi akun tinggal lah akun, thread-nya macam rumah angker.

Beralih ke startup developer dalam bentuk e-commerce. E-commerce sendiri merupakan kegiatan perdagangan yang meliputi aktivitas jual-beli, promosi, serta sistem transaksi barang dan jasa melalui perangkat elektronik. E-commerce yang sudah pernah saya jajal adalah lazada, zalora, shoope, dan bukalapak. Masing-masing memberikan pengalaman tersendiri dan dua di antaranya menjadi e-commerce langganan ketika saya mager sementara sedang membutuhkan beberapa barang. Memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap shoope dan bukalapak, tentunya bukan tanpa alasan, selain bisa langsung tanya-tanya dengan penjual melalui fitur chat, kedua e-commerce tersebut juga menyediakan fitur nego, meskipun negonya nggak bisa banyak-banyak banget, namanya emak-emak pantang kalau belanja nggak pakai nawar.

Sisi positif lain dari berkembangnya startup yang semakin pesat adalah; hal tersebut bisa menjadi inspirasi bagi insan kreatif lainnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain maupun ladang emas bagi dirinya sendiri. Tentunya sudah banyak sharing informasi yang bisa dilihat melalui internet, dan dari bekal info tersebut mereka bisa menciptakan startup lainnya. 

*sek sek, iki mbakas opo toh? XD* *nanya adminnya LBI* *dan pasti dijawab "gampang kok itu, nggak usah dipikirin* *tyendyang* *eh*



6 comments:

  1. Bulapak hmm, kalo untuk Shopee (saat ini) setuju, lebih luwes, dan fitur seller cukup menarik. Kalo kaskus, belum mencoba. Yang pasti sundul gan... :-)
    Btw, keep fight buat startup lokal.
    @ge1212y

    ReplyDelete
  2. Peluang bisnis yang menjanjikan memang.
    Saya pun sedang mencari ide startup nih...

    ReplyDelete
  3. Iya, aku juga merasa jadi salah satu yang diuntungkan karena menjamurnya startup di Indonesia

    ReplyDelete
  4. Aku langganannya sama tokopedia mba, hehehe. Kalau masuk kaskus paling nyari thread soal info perusahaan-perusahaan yang buka loker. Itupun cuma nyimak aja. Tapi sekarang udah jarang liat kaskus sih.

    ReplyDelete
  5. Setahuku kaskus itu forum diskusi *kudet akut*.

    Salut sama perkembangan bukalapak, sbg startup buatan anak negeri yang mampu berjaya diantara ecomerce lainnya

    ReplyDelete
  6. akun kaskus-ku entah masih hidup apa engga. hehe

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com