Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Cerahnya Peluang Bisnis Online di Tahun 2020

with 9 comments
Cerahnya Peluang Bisnis Online di Tahun 2020
Memang nggak akan pernah ada habisnya kalau bahas soal perkembangan usaha ecommerce di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan ecommerce-nya begitu pesat. Banyak pengamat dan analisis yang menyebutkan kalau Indonesia adalah pasar yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai habitat perkembanganini. Hal ini dikarenakan adanya bonus seperti demografi yang begitu menguntungkan sehingga mempengaruhi banyaknya peluang bisnis online yang muncul. Ledakan jumlah penduduk ini memang dapat menjadi sebuah pedang bermata 2.

Secara umum banyak kalangan yang menyebutkan kalau jumlah penduduk besar, berarti peluang untuk mengembangkan bisnis ecommerce juga begitu besar. Hal ini dikarenakan penggunaan internet juga akan semakin meningkat seiring dengan adanya pertumbuhan penduduk. Hal ini bisa dijadikan keunggulan yang kurang dimiliki oleh negara lain, jika mereka dapat memanfaatkannya. Namun ternyata, bukan cuma pengaruh banyaknya jumlah penduduk Indonesia saja, melainkan jumlah penduduk dengan dominasi usai produktif juga mempengaruhi perkembangan ecommerce itu sendiri. Usia produktif ini yang memberikan sumbangan besar pada potensi pasar ecommerce di Indonesia. Artinya sekarang ini Indonesia memiliki banyak konsumen sekaligus produsen yang kuat.

Saat ini konsumen juga lebih detail dan cerdik dalam menentukan pilihan barang belanjaan yang akan dibeli, sehingga banyak dari mereka yang nggak begitu mempermasalahkan harga barang kalau kualitas yang dimiliki juga sesuai, tapi nggak sedikit juga konsumen yang rela mengeluarkan uang tanpa memperhatikan kualitas barang hanya demi memenuhi hobi serta hasrat akan berbelanja. Hal tersebut merupakan salah satu alasan, kenapa Indonesia berubah menjadi sebuah negara yang memiliki perkembangan ecommerce begitu besar dan luar biasa. Padahal, hanya ada beberapa negara yang mengalami ledakan jumlah penduduk usia muda. Contohnya seperti di Tiongkok, alhasil ekonomi di sana mengalami tingkat kenaikan yang tinggi. Dan Indonesia adalah salah satunya.

Ledakan penduduk ini adalah bonus dari demografi yang dapat di nikmati di tahun 2010 hingga 2030 nanti, setelah itu jumlah penduduk usia produksi akan masuk dalam fase usia yang nggak produktif, atau sama seperti mereka yang berusia ranum, belum terlalu produktif. Dari sini bisa dibilang kalau di tahun 2020 nanti akan menjadi sebuah tahun emas bagi Indonesia di bidang usaha ecommerce. Oleh sebab itu banyak harapan sebelum tahun 2020 datang, berbagai masalah yang menyangkut bisnis ecommerce ini bisa diselesaikan dengan mulus. Sekarang ini banyak ecommerce yang menjadikan kawula muda sebagai target pasarnya, hal tersebut merupakan kesempatan bagus untuk dapat menyelesaikan tantangan yang mungkin ada di bisnis ecommerce, mengingat dalam usia muda terdapat semangat dan tenaga ekstra untuk dijadikan sebagai sebuah pendorong perekonomian di tanah air.

Kalau di tahun 2020 nanti masih ada banyak masalah yang mendasar tentang ecommerce atau belum dapat diselesaikan dengan baik, kedepannya tentu akan semakin sulit terlebih pemerintah yang sudah memproyeksikan ecommerce menjadi sebuah faktor pendorong untuk pertumbuhan perekonomian yang berada di Indonesia. Hingga sekarang ini pemerintah telah melakukan berbagai macam program untuk mendorong perkembangan ekonomi dengan bisnis digital.

Agar dapat mempersiapkan ekonomi digital ini tentu saja bukan tanpa adanya tantangan. Ada berbagai macam tantangan yang begitu mendasar dan harus segera memperoleh solusi yang lebih tepat. Tantangan tersebut bisa berupa ketakutan masyarakat ketika akan melakukan transaksi pada bisnis online. Jangan salah, kalau dibiarkan begitu saja, hal tersebut bisa menjadi sebuah faktor penghambat. Di tahun 2015 saja banyak pengguna internet yang masih saja melakukan pengecekan harga namun tidak melakukan pembelian sama sekali dikarenakan takut melakukan transaksi. Tapi wajar juga, sih, namanya belanja harus dengan detail dan teliti. Karena selain ecommerce yang berkembang secara pesat, usaha penipuan pun, nggak kalah maraknya dalam dunia digital sekarang ini.

Btw, ini kenapa bahasannya jadi serius banget, yak. Bawa-bawa ekonomi negara segala, gitu. Bikin online shop buat jualan rumah, ah.. XD

Sincerely, 

Cerahnya Peluang Bisnis Online di Tahun 2020

9 comments:

  1. Replies
    1. Jualan online emang lagi cerah-cerahnya, Mbak..

      Delete
  2. Setelah membaca artikel ini saya semakin yakin untuk berjualan online, mudah2han berhasil, terima kasih ya mbak infonya :)

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah jualan online, sih, malah seringnya nyoba affiliasi hehehe :D

    Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa.. Tapi afiliasi pun belum pernah ada hasil. :|

      Delete
  4. Ga heran sih..karena mayoritas masyarakat Indonesia mayoritas bersifat konsumtif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Dan sepertinya sudah banyak juga kaum muda yang memanfaat sifat konsumtif tersebut untuk lebih produktif.. #halah

      Delete
  5. waduh ide bisnis ternyata uda nyampe tahun 2020. btw ma kasih atas artikelnya , inspiratif banget

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com