Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Arisan Link: Lima Jenis Termometer dan Cara Menggunakannya.

with 4 comments
jenis-termometer-dan-cara-pakai

Seperti yang kita tahu, bayi memiliki suhu tubuh yang kurang stabil, kadang paginya normal dan siang mendadak hangat. Bagi beberapa ibu yang sudah terbiasa dengan situasi tersebut, kemungkinan mereka akan menghadapinya dengan tenang, tapi bagi sebagian ibu lain, terutama ibu baru, mereka akan sangat panik.

Perlu kita ketahui untuk memutuskan apakah suhu bayi tersebut masih dalam tahap wajar atau diperlukan pertolongan dokter, kita harus melakukan pengukuran suhu tubuh bayi terlebih dulu, suhu normal untuk bayi berkisar antara 36,4 ºC - 37,5 ºC, dan akan dikatakan demam apabila suhu bayi tersebut sudah mencapai 38 ºC atau lebih.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui suhu tubuh bayi? Biasanya ada alat bernama termometer untuk mengukur suhu tubuh, nah termometer sendiri terdapat beberapa jenis yang cara penggunaannya pun berbeda-beda. Mengutip dari salah satu artikel Blogger Parenting Mbak April Hamsa, ada 5 jenis termometer dengan cara penggunaan yang berbeda untuk mengukur suhu tubuh:
jenis-termometer-dan-cara-pakai

Termometer Air Raksa

Cara menggunakannya adalah dengan memastikan bahwa air raksa berada di bawah angka 35 ºC. kemudian, termometer ditaruh di lipatan ketiak anak. Tahan termometer sekitar 3-5 menit atau sampai air raksa tidak bergerak lagi, baru cek hasil pengukuran suhu anak. Disarankan sebelum dan sesudah pemakaian termometer air raksa ini untuk mengelapnya dengan alkohol.

Termometer Digital

Cara menggunakannya dengan menjepitkannya di ketiak atau mulut. Dan apabila termometer tersebut sudah digunakan pada satu titik, maka untuk penggunaan selanjutnya harus pada titik yang sama. Termometer ini dapat membaca suhu tubuh ketika sensor termometer menempel pada kulit.

Termometer Arteri Temporalis

Cara menggunakannya adalah dengan dipakai/ditempelkan di dahi. Termometer ini membaca gelombang inframerah yang dihasilkan oleh panas dari arteri temporalis yang melintasi daerah di bawah kulit dahi kepala. 

jenis-termometer-dan-cara-pakai
Jenis-jenis termometer. Sumber: www.medkes.com.


Termometer Gendang Telinga

Sesuai namanya, termometer ini digunakan untuk mengecek suhu tubuh melalui pemeriksaan di liang telinga. Termometer ini membaca gelombang panas inframerah yang dihasilkan oleh gendang telinga. Kelemahannya, apabila ada kotoran telinga, maka tingkat keakuratannya berkurang.

Termometer Empeng

Bentuk termometer ini memang mirip empeng bayi. Cara menggunakannya dengan cara diempeng/ diisap oleh balita.

Di atas adalah lima jenis termometer dengan cara penggunaan masing-masing, yang saya kutip dari blog Keluarga Hamsa: Parenting and Lifastyle Blog.

Mbak April Hamsa sendiri merupakan seorang blogger senior yang memulai aktifitas blog dari tahun 2005. Dan saat ini dia juga menjadi content writer di salah satu situs yang mengulas tentang dunia bayi dengan nama rumpibayi.com. lucu namanya. Mengingat permasalahan seperti kurang stabilnya suhu tubuh bayi yang seringkali dialami oleh bayi tersebut, tentunya artikel tentang 5 jenis termometer dan cara penggunaannya yang sudah ditulis oleh Mbak April Hamsa akan sangat bermanfaat untuk kita-kita para mahmudah (mamah mudah dan solehah).

Untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia parenting, teman-teman bisa langsung berkunjung ke blog Mbak April Hamsa di www.keluargahamsa.com. Artikel tentang kesehatan sampai DIY untuk anak semua ada di sana.


Sincerely,

jenis-termometer-dan-cara-pakai














4 comments:

  1. waahh ternyata jenis termometer banyak juga ya mbak, saya pikir hanya ada yang empeng doang :D hihihi
    thanks mbak atas info bermanfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awalnya juga cuma tau yang air raksa sama digital, Mas. Ternyata masih ada jenis yang lain. ^&

      Delete
  2. baru tahu jenis-jenis termometer. tfs mbak!

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com