Personal Blog

Personal Lifestyle Blogger, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Mencuri Ilmu dari Kelas Online Komunitas Blogger Semut.

with 20 comments
langkah dan prinsip menjadi blogger

Sekarang ini tren kelas online sudah banyak diterapkan oleh komunitas maupun instansi kebanyakkan. Salah satunya Kelas Online yang saya ikuti tanggal 10 Januari kemarin, sebenarnya tanggal 9, sih, sayanya saja yang telat gabung. Kelas online yang diadakan oleh komunitas blogger semut tersebut bertemakan 5 Langkah & 4 Prinsip Jadi Blogger, yang banyak memberikan informasi seputar blogging, mulai dari penentuan nama domain sampai dengan pengaturan mind map (peta konsep untuk pembagian tema ke beberapa subtemaa) agar mempermudah blogger yang mengusung satu tema Niche Blogger maupun tema bebas yang kebanyakan diberi label Lifestyle Blogger, biar nggak kehabisan bahan postingan, gitu.

Kelas online sendiri merupakan suatu sistem belajar yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui koneksi internet, sehingga nantinya konten yang dijadikan bahan belajar bisa diakses oleh orang yang mengikuti kelas online tersebut. Kelas online memiliki manfaat tersendiri bagi saya yang notabene "anak rumahan yang dari hari senin sampai jum'at waktunya habis buat gawean" #yaelah. Apa saja manfaat yang saya dapatkan?
  • Proses belajar jadi lebih fleksibel menyesuaikan waktu, jarak serta ruang yang membentang jauh antara saya dan Komunitas Blogger Semut, yang berperan sebagai penyelenggara kelas online.
  • Proses belajar yang efektif mengingat semua konten pembelajaran bisa saya akses dan fahami secara langsung
  • Proses belajar secara timbal balik antar penyelenggara dengan peserta kelas lain, yakni anggota dari Komunitas Blogger Semut. Jadi ilmu yang didapat nggak hanya berpatok pada konten dari penyelenggara, melainkan informasi tambahan dari peserta, pun.
  • Proses belajar yang dapat menjadikan peserta dan penyelenggara lebih faham akan fungsi positif lain dari internet. Meskipun kelas online tersebut diselenggarakan melalui facebook. Iya, internet dan facebook bukan cuma buat selfie saja.
  • Proses belajar yang nyaman dan terkesan santai, karena eik bisa sambil sediain snack, Cyiinn.. Yakali kalau di kelas sungguhan sambil bawa camilan. XD 
Nah, 5 poin tersebut merupakan manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kelas online bersama Komunitas Blogger Semut. Komunitas yang masih imut-imut. :D

Jujur, saya sendiri antara faham dan nggak faham dengan beberapa konten yang ada. Tapi itu bukan masalah, karena saya bisa tanya secara langsung melalui forum yang dibuka, dan yang menjawab pun akan beragam dan dari berbagai sumber, bisa dari peserta kelas online, bisa juga dari penyelenggara. Asiknya di sana, semua bebas beropini, tanpa takut merasa malu kepada yang lebih mastah ataupun takut ide yang disampaikan salah atau jadi bahan tertawaan. Salut buat Komunitas Blogger Semut.

Lalu, apa saja konten yang jadi bahan pembelajaran selama kelas online berlangsung? Sesuai dengan tema 5 Langkah & 4 Prinsip Jadi Blogger, berikut ilmu yang saya peroleh dari Kelas Online bersama Komunitas Blogger Semut:

Lima Langkah Jadi Blogger

1. Tentukan Nama Domain

langkah dan prinsip menjadi blogger

2. Tentukan Tema Blog

langkah dan prinsip menjadi blogger


3. Tentukan Platform Blog

langkah dan prinsip menjadi blogger


langkah dan prinsip menjadi blogger


5. Aksi!

langkah dan prinsip menjadi blogger











Dari konten di atas tentunya sudah sangat mudah untuk difahami dong, ya. Lalu bagaimana caranya untuk memaksimalkan langkah menjadi blogger dan aksi yang sudah ditentukan? Prinsip. Ya, seorang blogger harus memiliki prinsip agar langkah dan keputusan yang diambil bisa mengantar seorang blogger mencapai apa yang menjadi tujuan awal.

Saya akan menyebutkan 1 prinsip yang menjadi konten Kelas Online bersama Komunitas Blogger Semut.

Prinsip Blogger

langkah dan prinsip menjadi blogger


Dari prinsip tersebut, seorang blogger akan mengerti akan tujuan serta manfaat dari langkah besar yang menjadi keputusannya, yakni menjadi seorang blogger.

Apa yang sudah saya tulis di atas, adalah ilmu yang saya peroleh dari Kelas Online bersama Komunitas Blogger Semut yang masih imut-imut. Sebenarnya akan ada banyak sekali langkah awal yang harus ditentukan sebelum menjadi blogger, mulai dari konsistensi dalam memperbaharui tulisan di blog dengan mempersiapkan blogger planner (perencanaan waktu untuk menyeimbangkan atau mengatur jadwal pembaharuan tulisan serta konten yang akan dibagikan) sampai dengan kesungguhan dalam menyajikan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Mungkin dari kalian bisa menceritakan langkah awal kalian sebelum benar-benar terjun ke dunia blogging? Mari! Tulis kisahmu di......... Kolom komentar. Sekalian berbagi pengalaman, kan? Hehehe :D

Source:
Komunitas Blogger Semut
Designerspics.com

Sincerely, 
langkah dan prinsip menjadi blogger

20 comments:

  1. Aku dulu bikin alamat blogku pakai semedi biar catchy dan bawa keberuntungan, eaakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sekalian mandi kembang tujuh rupa, Mbak. Hihihi ^^

      Delete
  2. wah.. aku malah baru tau mbak ada Komunitas Blogger Semut. perkembangan teknologi memang membawa dampak positif bagi mereka yang mau memanfaatkannya untuk hal-hal positif pula, seperti belajar online ini misalnya. btw, nama domainku kepanjangan banget berarti xixiii.. thanks sudah berbagi mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunitasnya memang masih baru, Mbak. :)

      Iya. Tergantung masing-masing individunya kalau soal pemanfaatan internet, sih. :D

      Delete
  3. Wahhh udah ikut yah.... gmn rasanya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih adaptasi, Mas. Dan butuh sosialisasi, soalnya Komunitas baru. Sejauh ini, kelas online pertama banyak bawa manfaat. :)

      Delete
  4. Internet memang maju dengan pesat, pinter-pinter pakainya aja. Apalagi untuk ngeblog. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, karena ngeblog sekarang ini bukan sesuatu yang hanya dipandang sebelah mata.. Mari! Berbagi konten positif melalui BLOG (^^)9

      Hahaha :D

      Delete
  5. Review nya keren mba' ... :)
    Besok-besok bisa share cara pembuatan elisa-blog.com
    Salam ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Cara pembuatan elisa-blog.com ya? Ngg... bingung sendiri :)))

      Salam, Mas :D

      Delete
  6. baru dengar juga komunitas ini mbak.

    nama domain yang baik memang pengaruh ya. setidaknya orang pertama kali baca itu ya nama domain blog. kalau menurut saya nama domain mirip deh dengan alamat email atau nama akun medsos. makin bermakna makin bagus dan evergreen. kalau nama domainnya alay nggak bagus juga citranya.

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunitasnya masi baru, Mbak..

      Iya, disesuaikan sama keinginan tapi tetep harus yang mudah diingat, Mbak. Saya dulu sempat bikin nama domain -yang kata orang- alay. Hihihi ^^

      Delete
  7. Duh judulnya mencuri tu ga enak didengar. Langkah awal saya adalah ada yang mo ditulis, ada usaha nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Kan perumpamaan, Mba.. ^^

      Delete
  8. Iya sedikit demi sedikit tulisan maka akan menjadi banyak jika kita konsisten menulis di Blog. Semakin banyak tulisan maka semakin rame blog kita.

    Dengan syarat: Sedikit persaingan, banyak yang mencari kata kunci yang dituliskan, Tulisan original, Share di Sosmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi.. Konten yang berkualitas, kalau kata blogger kebanyakan, Mba.. Bikin pengunjung pengen balik lagiii balik lagiii :D
      Hapus

      Delete
  9. Hikss... Keren banget, Mba Elss...
    Aku juga mau curi ilmunyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu aku laporin polisi loh, Nuy...

      Delete
  10. keren sekali dan sangat bermanfaat,secara ga langsung aku udah ikut kelasnya hehe... meski ga sekomprehensif si penulis. paling tidak ngerti point besarnya.
    makasih
    adibriza.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah tujuannya. Menyampaikan poin besarnya. Manfaat kelas online dan langkah awal menjadi blogger :D

      Delete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com