Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Township; Belajar Berternak, Berkebun, dan Menata Kota dengan Menyenangkan

with 6 comments
Review dan Rekomendasi Mobile Game Township; Belajar Berternak, Berkebun, dan Menata Kota dengan Menyenangkan

Mobile game online saat ini sudah bukan merupakan sesuatu yang rumit lagi buat saya, dulu pernah mainin game dengan genre aksi-petualangan bΓ©rnama clash of clan dan karena saking nggak telatennya jadi suka kesel sendiri tiap benteng sudah mulai berdiri, eh.. tiba-tiba diserang sama lawan, roboh lagi kan. Setelah main COC, lama nggak pengen coba main mobile game lagi, meski Mobile Legends sama PUBG sedang dalam masa jaya-jayanya, saya sama sekali nggak tertarik buat main game dengan tema aksi perang-perangan kayak gitu lagi. Mungkin karena saya orangnya nggak suka sama yang namanya kekerasan kali ya /apa hubungannya coba XD/.

Tapi, namanya orang kadang tetep pengen cari hiburan buat ngisi waktu luang, kan. Tepat 1 tahun lalu saya menemukan mobile game pujaan hati yang cara bermainnya juga sungguh mudah syekali. Mobile game yang saya temukan melalui aplikasi voting, di mana kalau mau vote harus pakai poin, poinnya bisa beli atau dapat gratis dengan mengunduh aplikasi pendukung, beberapa game yang saya unduh melalui aplikasi voting tersebut, kebanyakan hanya sekali main langsung saya hapus, tapi untuk aplikasi game yang satu ini berhasil menempati ruang spesial di hati dan sampai sekarang belum juga ada pengganti #halah.

Review dan Rekomendasi Mobile Game Township; Belajar Berternak, Berkebun, dan Menata Kota dengan Menyenangkan


Township, mobile game yang dikeluarkan oleh game developer bernama Playrix ini merupakan permainan simulasi;  permainan yang berkonsep tentang kontruksi dan management di mana para pemain dituntut untuk bisa menjalankan setiap tugas di dalamnya layaknya mereka melakukan kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Membangun rumah, mengatur tata letak kota, mengelola pertanian dan peternakan yang nantinya hasil tani dan ternak tersebut bisa dikelola dan dijadikan sebagai produk makanan, pakaian, hingga barang pecah-belah. Tentunya dibutuhkan uang agar setiap proses pembangunan serta pengelolaan produk bisa berjalan dengan baik, kita bisa memperoleh uang berupa koin dan tunai melalui proses pengiriman barang dengan pesawat atau kereta barang, bisa juga diperoleh melalui jual-beli dari produk yang dihasilkan tadi. Selama 1 tahun mengisi waktu luang bersama permainan simulasi yang memerlukan koneksi internet dalam memainkannya ini, saya sudah mencapai level 84, populasi di dunia simulasi tersebut sebanyak 16.865. Berbagai bangunan dari apartemen, perusahaan layanan dan jasa, laboratorium, hingga kantor pemerintahan semua dengan begitu mudah saya dirikan tanpa ada rasa bosan seperti ketika saya memainkan mobile game dengan tema serupa sebelumnya.

Interface game yang tampak sempurna, nggak terlalu terlihat nyata pun nggak terkesan hanya ilusi belaka membuat mata saya betah memainkan Thownsip setiap harinya. Sejenak menyandang status sebagai arsitektur kondang dalam dunia Township membuat saya merasakan kepuasan tersendiri ketika tata letak kota yang saya desain menunjukkan hasil yang cantik dan sesuai keinginan serta imajinasi saya. Di dunia Township, kita harus menyiapkan ide perencanaan tata kota sekreatif mungkin agar kota yang didirikan terlihat unik dan nggak berantakan, meskipun banyak juga "tetangga" saya yang tata letak kotanya berantakan, tapi kalau saya sih BIG NO!!

Review dan Rekomendasi Mobile Game Township; Belajar Berternak, Berkebun, dan Menata Kota dengan Menyenangkan

Berbeda dengan permainan simulasi yang pernah saya coba sebelumnya, pengoperasian game ini juga sangat mudah buat saya. Dengan berbagai tantangan tugas baru di setiap kompetisi mingguan dan musiman, saya jadi nggak mudah bosan. Untuk kompetisi mingguan di Township ini bernama Regatta, berlangsung selama 5-6 hari dengan variasi tantangan baru yang bikin pemainnya merasa excited dengan setiap peti hadiah yang akan diberikan setelah regatta usai. Tantanganya pun bukan tantangan yang bikin stress gitu, sekedar memberi makan ternak, menanam buah atau sayur, dan yang paling menjadi favorit saya adalah bermain di house of luck, karena untuk menyelesaikan tantangannya nggak butuh waktu lama pun poin jadi cepat terkumpul. Untuk memainkan house of luck ini kita membutuhkan clover yang bisa didapatkan dengan membantu teman dalam permainan atau dalam tim kita. Karena setiap regatta berlangsung kita harus menyelesaikannya bersama-sama dengan tim jadi kita bisa saling tolong menolong untuk mengisi pesawat atau kereta dari pemain lain dengan imbalan mendapatkan clover. Di permainan Township ini kita juga bisa bersosialisasi dengan pemain lainnya melalui co-op; istilah lain dari tim dalam Township yang dalam 1 timnya terdiri dari 30 orang, pemainnya berasal dari berbagai belahan dunia, tapi ada juga yang menerima hanya dari regional tertentu saja.

Selain kompetisi mingguan a.k.a Regatta, kompetisi musimannya pun nggak kalah seru, tentunya sebagai selingan dari tugas-tugas yang diberikan di Regatta, tugas di kompetisi musiman ini selalu menampilkan tugas baru dengan beragam permainan seperti cooking day, fishing, dan untuk kompetisi yang sedang berlangsung saat ini adalah delivery truck; di mana kita disuruh untuk mengira-ngira panjang jalan yang dibutuhkan untuk menghubungkan balok satu dengan yang lain agar saat pengiriman truk nggak terjatuh ke jurang. Pokoknya seru deh, dan tentunya selalu ada tugas baru yang biasanya saya "ah, males ah, fokus ke regatta aja" tapi ujung-ujungnya ikut kompetisi musiman juga XD.

Review dan Rekomendasi Mobile Game Township; Belajar Berternak, Berkebun, dan Menata Kota dengan Menyenangkan

Overall Township ini benar-benar berhasil berperan sebagai penghibur di waktu luang saya, bahkan permainan simulasi ini bisa dengan leluasaannya sementara menggantikan aktivitas blogging saya selama 1 tahun belakangan ini :/. Oke, adakah teman-teman yang memainkan permainan simulasi ini juga? Kalau ada.. Yuk tetanggaan sama saya yuk di kode; FRVXTQ dengan nama kota "B Paradise" dan btw.. Happy 1st Aniversary juga buat kota ciptaan saya.. Terima kasih sudah menjadi sumber kebahagiaan dalam hari-hari saya yang terkadang membosankan.

Baiklah, review tentang permainan simulasi Township ini sebenarnya saya tulis dalam rangka menggantikan #BPN30dayChallenge2018 day 26, yang temanya adalah tentang make up atau produk kecantikan. Karena saya nggak terlalu peduli dengan make up apa yang dipakai, pun jarang juga berdandan, jadi saya memutuskan untuk menulis ini saja hehehe

#BPN30dayChallenge2018 day 26, Tema Pengganti "5 Produk Kecantikan yang Digunakan dan Direkomendasikan"

Salam ^^
Review dan Rekomendasi Mobile Game Township; Belajar Berternak, Berkebun, dan Menata Kota dengan Menyenangkan

6 comments:

  1. Iih...aq juga main game ini mba 😊
    Seru tapi butuh kesabaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di level-level awal emang kudu ekstra sabar, ya, Mbak.. Soalnya kudu bangun ini-itu beli segala macem fitur dan butuh kerja keras buat ngumpulin uangnya πŸ˜† Tapi kalau udah level tinggi gini sudah berasa santainya, tinggal menikmati hasil kerja keraa kita di awal πŸ˜…

      Delete
  2. saya paling suka bagian nata kotanya. giliran nanem2 males. hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya mbak.. Berasa jadi kayak arsitektur beneran πŸ˜‚

      Delete
  3. Aku ga begitu suka ng-game nih mba hehe. Mungkin jadi salah satu refrensi buat d coba. Thanks for info yaaa

    ReplyDelete
  4. aku paling suka kalau ada perlombaan

    ReplyDelete

Spamming? Nope!

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com