Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Transaksi Non Tunai di Era New Normal dengan Mesin Kasir Gobiz

with 65 comments

Transaksi Non Tunai di Era New Normal Dengan Mesin Kasir Gobiz

New Normal dan Pandemi yang belum berakhir adalah kenyataan yang harus kita hadapi sekarang. Setelah beberapa bulan “rehat” dari segala aktivitas di luar rumah dan lebih banyak #StayAtHome, sekarang sudah waktunya kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Salah satunya Work From Office, misalnya.

Sebenarnya saya masih khawatir saat berada di luar rumah. Ya, mengingat Covid-19 bukan wabah biasa, kalau dibayangkan memang ngeri banget penularannya, kan? Tapi ya mau gimana lagi. Kita harus tetap melanjutkan hidup dengan segala aktivitas yang harus kita lakukan di luar rumah.

Untuk menekan angka penularan Covid-19, berbagai upaya dilakukan pemerintah agar kita tetap bisa "hidup normal" . Ini yang juga harus selalu kita taati di masa pandemic ini. Selain wajib bermasker, cuci tangan dan social distancing, salah satu protokol kesehatan yang harus kita lakukan adalah menggunakan metode pembayaran non tunai saat bertransaksi agar terhindar dari penularan yang tersebar melalui uang kertas. Makanya, tidak heran kalau sekarang banyak yang memilih menggunakan transaksi non tunai, seperti Gopay hingga penggunaan kartu debit.

Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, saya benar-benar dibuat kagum saat mengetahui Alat Kasir atau Mesin Kasir yang biasa digunakan mitra Gojek Indonesia yang bergabung dengan GoBiz.. Semua berawal ketika saya hendak membayar makanan yang saya beli dengan metode pembayaran non tunai.

Transaksi Non Tunai di Era New Normal Dengan Mesin Kasir Gobiz

Selain untuk menampilkan barcode untuk pembayaran non tunai, ternyata alat kasir ini memiliki banyak fungsi dalam satu genggaman. Padahal, saya pikir kecanggihan teknologi ini hanya bisa dimiliki dan dinikmati kalangan atas dan menengah saja seperti restoran di Mall atau para pengusaha yang memiliki bangunan toko yang besar. Tapi ternyata saya salah, adanya alat Kasir Gobiz menjadi bukti bahwa kecanggihan teknologi pun bisa dimiliki siapapun, termasuk UMKM atau para pengusaha dan pedagang biasa.

Apa Sih Kecanggihan Alat Kasir Gobiz?

Pasti kalian pernah melihat mesin kasir, kan? Umumnya, alat kasir punya layar/tablet, keyboard dan mesin printer. Dan tentu, harga yang harus dibayar untuk sebuah mesin printer ini gak murah. Makanya, mesin kasir hanya dimiliki pelaku usaha tertentu.

Tapi berbeda dengan alat Kasir Gobiz. Dengan harga ratusan ribu, wirausahawan bisa mengembangkan bisnis mereka melalui alat kasir ini tanpa perlu membeli tablet, keyboard atau printer. Harganya sekitar Rp. 490.000, atau ada juga yang bisa mendapatkan alat kasir ini dengan gratis. Alat kasir Gobiz juga memiliki bentuk yang kecil dengan teknologi “layar sentuh”, sangat praktis dan portable sehingga bisa dibawa kemana-mana dengan mudah dan tidak harus selalu tersambung dengan aliran listrik. 

Apa aja sih Fungsi alat Kasir Gobiz?

Menerima Transaksi Non Tunai - Di Era New Normal, sebisa mungkin kita harus mengurangi penggunaan uang kertas. Saat melakukan pembayarani di Mitra Gobiz, kita bisa bertransaksi dengan non tunai dengan menggunakan QRIS atau dengan dengan scan barcode seperti saat kita membayar dengan saldo Gopay. Nantinya, alat kasir ini akan menampilkan barcode yang bisa kita scan melalui aplikasi GOJEK.

Begitupun nanti kalau keadaan sudah normal kembali. Kita gak perlu ribet membawa uang cash atau mencari mesin ATM untuk Tarik tunai karena dengan Mesin Kasir ini, kita bisa membayar semua tagihan atau biaya pembelian dengan pembayaran non tunai. 

Gak hanya itu, alat kasir ini juga bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit layaknya mesin EDC. Di bagian samping alat kasirnya ini terdapat bagian untuk “swipe” kartu dan di bagian bawah bisa untuk insert kartu debit yang menggunakan chip juga.

Mencetak Struk Pembelian - Biasanya, struk pembelian hanya bisa kita dapatkan saat berbelanja atau melakukan transaksi di restoran besar. Tapi kalau kita makan di salah satu Mitra Gofood, kita pun bisa menerima struk. Dan alat kasir Gobiz bisa mencetak struk pembelian dengan instan dan cepat tanpa perlu menggunakan printer Bluetooth. 

Benar-benar Multifungsi ya? Meskipun bentuknya tidak seperti mesin kasir, tapi alat kasir ini punya banyak manfaatnya! Dari alat kasir ini juga kita bisa merasakan serunya beli bakso atau pecel ayam tanpa harus membawa uang kertas, karena di Mitra Gobiz, bayarnya bisa menggunakan non tunai dan bisa dapat struk pembelian juga!

Transaksi Non Tunai di Era New Normal Dengan Mesin Kasir Gobiz

Awalnya, saya pikir alat kasir ini hanya bisa digunakan untuk menampilkan kode barcode saat kita ingin melakukan pembayaran. Tapi lagi-lagi saya salah. Ternyata Mesin Kasir Gobiz ini memiliki banyak fungsi dengan teknologi tinggi yang sangat memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya.

Untuk mengatur alat kasir ini pun mudah. Para Mitra hanya perlu mengunduh aplikasi Gobiz dari Playstore yang ada di Smartphone. Nah, di aplikasi ini pula pelaku usaha bisa melihat laporan penjualan, transaksi harian, mencatat pesanan, dan mengatur menu yang ada di GoFood.

Adanya teknologi yang dimiliki alat kasir ini bisa menunjang usaha dan meningkatkan penghasilan, apalagi saat New Normal ini. Banyak orang yang tetap merasa aman saat bertransaksi karena menggunakan pembayaran non tunai. Usaha dan penjualan pun jadi tetap lancar.

Karena kecanggihan teknologi ini pula salah satu mitra Gobiz pernah bercerita, adanya pembayaran non tunai membuat penghasilan mereka bisa “tersimpan rapi” , dan bisa dijadikan sebagai “uang tabungan” atau simpanan tanpa perlu harus repot mendatangi Bank untuk menyetor hasil penjualan.

Saya Pun turut senang, mereka yang mungkin dulu tidak paham dengan teknologi sekarang bisa semakin berkembang dengan bantuan dan dukungan perangkat multifungsi dari Gobiz. Jadi semakin mudah mengembangkan usaha, terutama dalam mengatur keuangan dan penjualan. Jangkauan pemasaran atau membeli pun bisa semakin luas..

Ya, semoga nanti semakin banyak pelaku usaha yang mau bergabung dengan Gobiz, ya!


Sincerely,
Transaksi Non Tunai di Era New Normal dengan Dukungan Teknolodi Mesin Kasir












65 Komentar:

Jiah Al Jafara said...

Yang punya usaha makanan bisa banget nih coba pakai Gobiz. Kudu belajar pakai nontunai kan sekarang ini. Transaksinya pun bisa tercatat dengan baik

kataresi said...

Suka nih aku kalau teknologinya bisa memudahkan umkm seperti ini.

Nurliana Syaf said...

Aku benar benar salut sama Gojek. Teknologi masa kini jadi bisa digapai sama umkm dengan mudahnya. Ini alat kasirnya emang beneran keren banget sih. Akupun sempet kaget pas tau kalo fungsinya banyak. Mereka jadi bisa mengembangkan usahanyA dengan dukungan teknologi ini.

Di Jakarta, nyaris semua kang jualan udah mau gabung sama gobiz ini, kang gerobakan pun. :3

Tukang Jalan Jajan said...

kemundahan dari teknologi zaman sekarang beneran ngebantu banget. apalagi masa pandemi. transaksi non tunai adalah yang terbaik

Yasinta Astuti said...

Kini semakin mudah ya pengusaha kuliner mengikuti teknologi dengan mesin kasir yang canggih padahal ukurannya mini. Gobiz emang keren nih,sampe pencatatan pun ada. Jadi memudahkan para pelaku usaha ya

Utie Adnu said...

Bus lebih praktis transaksi pembayaran y mba teknologi kasir Gobiz pernah mendukung pembayaran non tunai manfaatnya penghasilan jd bisa tersimpan , dan bisa dijadikan sebagai uang tabungan atau simpanan tanpa perlu harus repot mendatangi Bank

Nia K. Haryanto said...

Wah, makin banyak aja nih inovasi dan aplikasi yang mempermudah para pelaku usaha ya. Pastinya dengan alat dan aplikasi yang ada di dalamnya, semua sistem perkasiran sudah tercatat dengan baik. Dan buat kita, ini membantu banget dalam hal bertransaksi secara cashless. Praktis.

Farida Pane said...

Transaksi nontunai begini membantu sekali buat mengurangi kontak fisik di masa pandemi, ya.

Mutia Ramadhani said...

Pedagang-pedagang kaki lima pun bisa pake alat kasir ini ya. Cashless, gak perlu nenteng duit kemana-mana. Apalagi musim PHK, musim corona, angka pengangguran melonjak. Kita juga ngeri bawa duit banyak kemana-mana. Takut dijambret, dipalak, dan sebagainya.

Indah Julianti br Sibarani said...

Di tempat-tempat makan atau toko di dekat rumahku juga sudah banyak yang pakai Gobizz ini, terutama yang jadi merchantnya Gofood. Jadi memudahkan, nggak pakai lama transaksinya.

Lasmicika said...

Di kampung saya belum ada yang pakai ini sih, bahkan toko yang paling besar. Tapi pasti nanti akan sampai juga dan merata teknologi yang memudahkan pelaku usaha seperti ini sih.

Lia Yuliani said...

Saya kadang kalau belanja terus enggak ada kembalian, dikasih permen. Duh, coba mereka yang punya usaha pakai Gobiz ini, ya. Biar lebih memudahkan pembayaran

Rhoshandhayani KT said...

ini spots itu dulu kan? yang digandeng oleh gojek?
aku baru tau kalau nama brandingnya jadi gobiz

lendyagasshi said...

Praktis banget siih...
Jadi bisa dipakai dimana aja dan oleh siapa saja bagi para pelaku usaha UMKM.

Dee_Arif said...

Era pandemi seperti ini memang pasnya pake non tunai ya mbak..
Lebih aman

Ali Muakhir said...

Gobiz ini simpel banget menurut saya, soalnya dengan mesin sekecil itu memudahkan semua aktifitas transaksi. Sering banget lihat di kasir-kasir

Rindang Yuliani said...

Era new normal memang menuntut perubahan di banyak sektor, termasuk cara pembayaran ini ya. Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, menggunakan sistem digital ini bisa menjadi sebuah langkah kecil yang berarti besar bagi bisnis mereka.

TIAN LUSTIANA said...

transaksi non tunai gini memudahkan banget untuk untuk transaksi dimasa new normal gini.

Elisa said...

Bener banget. Meminimalisir pemakaian uang tunai yang beresiko membawa virus juga.

Elisa said...

Wah... Enak dong ^^ kalau di daerah sih masih jarang yang pakai mesin kasir seperti gobiz ini :(

Katerina said...

Nggak perlu disambung ke listrik gini bikin lebih praktis. Harganya pun terjangkau. Semoga memudahkan para pelaku usaha dalam bertransaksi dengan pelanggannya. Kita pun jadi lebih mudah dalam urusan bayar membayar.

Dyah Ummu AuRa said...

aku lebih suka pake non tunai buat bayar transaksi pembayaran. NAh, dengan mesin go biz ini, mempermudah banget. tinggal bawa hp aja. gak ribet bawa dompet.

Raja Lubis said...

Yang punya usaha di GoFood, aplikasi dan mesin GoBiz ini sangat membantu terutama untuk pencatatan laporan keuangan.

DARINA said...

baru tau srkarang ada alat kasir gobiz, semakin berinovasi dan canggih ya.

Siti Nurjanah said...

Terbantu banget ya mba, dengan adanya alat kasir ini. Bentuknya fleksibel dengan sistem pembayaran digital jadi kian memudahkan apalagi di era Pandemi saat ini yg mesti di prioritaskan untuk Transaksi non tunai

Milda Ini said...

gobiz, i do hear now, i hope this application usefull and end user so many people can using it

Tariita asgara said...

Wajib punya nih alatnya bagi pemilik usaha. Keren banget yah.. Mempermudah juga jadinya

Tukang Jalan Jajan said...

sebagai salah satu cara mengurangi penyebaran virus maka gunakan transaksi non tunai. apalagi anak milenial kaya aku udah pake aplikasi buat bayar bayar

Okti Li said...

Baru tahu saya dengan alat transaksi gobiz ini. Keren ya. Memang di masa pandemi, transaksi non tunai sangat dianjurkan. Menggunakan alat canggih pasti lebih maksimal

Maria Soemitro said...

sangat membantu UMKM nih ya? Ngga perlu nyediain receh, transaksipun terekap komplit
Demikian juga pembeli, ngga riweuh harus bawa uang cash

Marfa Umi said...

seneng ih dengernya, jadi ringkes banget ya kak dan rapih, udah gaperlu lagi manual2an perlu ini, itu. selain itu jadi menu2 jualannya mudah dicari apps pemesanan online :)

lrdailyroutine said...

dgn transaksi nontunai yg dikembangkan gojek dgn alat kasir gobizz ini memudahkan kita dlm menghadapi pandemi saat ini ya mba. aku jg was2 tiap kali bertransaksi dan megang uang kembalian. parno gmn gt. tpi ttp harus hati2 yakan mba. salut buat gojek yg selalu berinovasi

Yanti Ani said...

Aku juga pakai gopay lho, bayar dikasir untuk non tunai enak gak kawatir kembalian kurang

Tasya Nandya said...

Wah skrg banyak ya mesin kasir cashless seperti ini. Memudahkan dan aman di era new normal ya.

Qoty Intan Zulnida said...

Keren yaa inovasi gobiz ini. Umkm jadi terbantu untuk semakin maju dan mengembangkan usahanya. Mana harganya terjangkau pula, dan sekalian bisa untuk pencatatan cashflow juga. Mantap deh

Nia K. Haryanto said...

Mesin kasir yang praktis dan kompak bin mungil gini bikin jadi bisa digunakan pelaku usaha apa pun ya. Gak hanya pelaku usaha besar, UMKM dan pedagang Pinggir jalan pun bisa. Gak makan tempat.

Taumy Alif Firman said...

GoBiz ternyata se simpel itu yah. Jadi sama2 diuntungkan. Pemilik toko jadi lebih simpel karena hanya menyediakan GoBiz saja dan terkontrol melalui app di HP sedangkan pembeli bisa langsung bayar tanpa uang cash. Jadi, sama2 dibuat gampang oleh GoBiz ini.

Utie Adnu said...

Mempermudah ini jadinya ya kak bagi yg buka usah mesin kasir gobizz gak perlu lagi ngitung uang cash bisa pakai e-tronik lagi ya

www.grandysofia.com said...

di era new normal ini memang baiknya transaksi pake non tunai, aku pun gitu mba, apalagi ada Gobiz ini ya makin dimudahkan banget pas lagi belanja di kasir

Arda Sitepu said...

Sekarang semua serba digital dan memudahkan banget. Jadi beneran cashless kemana2 enggak perlu bawa cash dan aman juga mbak apalagi sekarang jaman pandemi megangn uang gimana gitu.

Dwi Ananta said...

Sekarang aku pun jarang banget membawa uang tunai. Jauh lebih aman rasanya dan gdan gak ribet. Keren banget gojek semakin berinovasi ya, andalan nih saat ingin jajan tinggal topup gopay

Fida said...

Aku sejak dulu memang lebih senang trasnsaksi non tunai.. alat kasir ini dapat membantu mitra/pedagang yang punya konsumen kayak aku nih.

fellichiapamela said...

Ini mesin nya kaya yang di mart2 itu bukan ya ? Kan bisa tuh bayar pakai gopay dll mesin nya kecil gini juga , memang praktis ya cashless ga pusing cari kembalian.. tapi pusing nya nyari pecahan buat parkir nya ya😆

Yuliana said...

iyaa nih, sekarang bisa dihitung jari aku gunain uang cash. Mostly, lebih banyak transaksi non-tunai

Nyk Mlg said...

Jaman now jaman digital. Jd praktis dan aman serta rapi bila transaksi non tunai. Pakai aja gobiz ya...yes aku syukaa

Lia Yuliani said...

Kadang lebih praktis ya pakai aplikasi non tunai kaya gini. Di masa pandemi kaya gini lebih safety aja. Moga banyak pelaku usaha yang pada pakai Gobiz ini

Meilia Wuryantati said...

Wah enak banget yah kalau transaksi pakai mesin kasir Gobizz ini. Aman dan praktis. Aku juga sering pakai gopay soalnya

Fionaz said...

jaman sekarang emang lebih praktis kalo pakai emoney ya mbak, sayangnya di pasar tradisional belum bisa pakaiemoney.. hihihi

Marfa Umi said...

Sangat memudahkan ya kak dengan bantuan teknologi ini, semoga jadi banyak umkm terutama makanan yang terbantu ya, krn udah all in one banget ini

tantiamelia.com said...

aku dengar sekarang juga di beberapa resto malah udah menerapkan order and payment ya, jadi pas datang, duduk manis kita tinggal bilang nomor antrian (scan) dan duduk manis tunggu pesanan datang, terus lenggang kangkung pulang deh.. canggih emang Go Biz ini

Rika Amelina said...

Keren banget ya Gobiz ini, suatu inovasi di era digital. Kalo saya pengusaha UMKM, saya pasti tertarik nih pakai Gobiz hehe, sayangnya masih jadi budak koorporat haha

Asih Mufisya said...

Kondisi pandemi ini, pembayaran yang aman memang non tunai. Lebih aman deh.

Diary Harumpuspita said...

Ou gobiz ini mitranya gojek ternyata. Nanti top upnya gimana? Apakah pakai tf bank atau ada outlinenya seperti gopay gitu yang di alfa?

Nefertite said...

Pembayaran non tunai, selain praktis memang memudahkan kita ya, apalagi dalam kondisi pandemi kaya sekarang ini.

Mugniar said...

Alat kasir GoBiz harganya sekitar Rp. 490.000 .. selamanya ya? Murah lho sebenarnya. Kan bisa dipakai lama.

Utie Adnu said...

Semakin mempermudah padagang Dan pembeli intinya ya mba mesin kasir Gobiz ini cepat praktis dn aman

Maria G Soemitro said...

Bagus nih Gobiz, ngga hanya untuk kesehatan juga menghemat pengeluaran negara karena mengurangi penggunaan uang kertas.

Fenni Bungsu said...

Transaksi non tunai nggak hanya bikin simple kita biar nggak repot dengan uang kembalian aja, sekaligus juga cegah penularan virus melalui uang ya

Nurhilmiyah - author of www.fadlimia.com said...

Di era new normal yg masih mengkhawatirkan krn persebaran penularan Covid-10 kian massif, transaksi nontunai amat sangat disarankan ketimbang tunai. Untung ada alat kasir dari GoBiz ya Mba Elisa

Mia Yunita said...

Semakin canggih aja nih teknologi. Keren banget memang. Sangat membantu dalam transaksi jual beli.

Andy Hardiyanti said...

Selain lebih praktis, dengan adanya GoBiz gini usaha pun jadi lebih profesional yaa. Semua transaksi keluar masuk tercatat dengan baik.

Rika Widiastuti Altair said...

Dengan adanya GoBiz ini jadi solusi banget, buat para pelaku usaha dan konsumen dalam transaksi di masa pandemi saat ini.

elva s said...

Kalau sekarang jadi pas banget menggunakan sistem pembayaran non tunai agar lebih aman saat Newnormal ini, dan juga lebih simpel gak mesti bawa uang tunai terlalu banyak

Hanifah said...

Sekarang eranya teknologi ya kak, pengusaha pun harus beradaptasi dengan perubahan terutama di masa pandemi seperti sekarang

Siska Dwyta said...

Wah ini alat kasirnya canggih banget ya Mbak, pastinya memudahkan transaksi baik itu dari penjual maupun pembelinya apalagi di tengah pandemi yang masih belum berakhir ini.

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com