Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Beragam Jenis Mesin Air Panas Kamar Mandi, Mana Yang terbaik?

with Leave a Comment
rekomendasi pemanas air untuk kamar mandi

Mesin air panas untuk kamar mandi beragam jenisnya. Ada yang berbahan bakar listrik, gas, batubara, panas matahari. Ada yang menggunakan tangki dan ada yang tanpa tangki. Lalu manakah yang paling baik untuk digunakan di rumah sehari-hari.

Mesin Air Panas Tenaga Matahari

Mesin air panas jenis ini menggunakan sinar panas matahari untuk memanaskan air. Pada tempat yang tinggi di rumah, biasanya di atap, dipasang beberapa tangki silinder panjang untuk menampung air. Sinar matahari akan memanaskan air di tabung-tabung tersebut, kemudian air panas bisa digunakan untuk mandi.

Kelebihannya tentu hemat energi sehingga hemat juga biaya operasionalnya. Karena sinar matahari bisa didapatkan tanpa membeli.

Namun ada kekurangannya yaitu air panas tidak bisa tersedia setiap saat. Karena harus menunggu air ditampung lalu dipanaskan.

Kekurangan lain adalah ketergantungan pada panas matahari untuk memanaskan air. Sehingga hanya cocok untuk daerah yang mendapatkan cukup sinar matahari. Itupun kalau cuaca sedang mendung, atau sedang musim penghujan bisa susah mendapatkan panas matahari. Juga jika ada bangunan atau pepohonan yang tinggi yang bisa menghalangi jalannya sinar matahari, itu bisa menjadi kendala.

Mesin Air Panas Kamar Mandi Dengan Tangki

Mesin air panas jenis ini mempunyai tangki yang digunakan untuk menampung dan memanaskan air. Di era sekarang ini umumnya bahan bakar pemanas yang digunakan adalah gas atau listrik. Di sebagian negara gas dinilai lebih praktis dan lebih murah, sedangkan di sebagian negara lain listrik yang lebih praktis dan lebih murah.

Cara kerjanya dengan menampung air di tangki lalu dipanaskan. Ada jeda waktu menunggu untuk mendapatkan air panas, sehingga kurang praktis. Juga berpotensi boros jika terlalu lama memanaskan airnya.

Selain itu tidak bisa menyediakan air panas setap saat kecuali mesin terus dipanaskan dan itu akan sangat boros. Juga memakan tempat untuk instalasi apalagi jika tangki yang digunakan berukuran besar.

Mesin Air Panas Kamar Mandi Tanpa Tangki

Yang paling cocok untuk wilayah Indonesia adalah mesin air panas tanpa tangki bertenaga listrik. Karena listrik tersedia sepanjang waktu dan harganya terjangkau.

Mesin pemanas tanpa tangki ini bekerja dengan cara memanaskan air secara langsung saat digunakan. Sehingga bisa menyediakan air panas setiap saat dibutuhkan. Untuk pemasangannya juga tidak terlalu memakan banyak tempat karena ukurannya kecil karena tidak menggunakan tangki.

Untuk mesin air panas kamar mandi yang berkualitas direkomendasikan produk dari Champs Industrial. Champs adalah perusahaan Singapura yang berpengalaman memproduksi dan menjual mesin air panas di penjuru Asia, termasuk Indonesia.

Kualitas produknya dikontrol ketat secara berkala dicek kualitasnya mulai dari bahan baku hingga produk jadi sebelum dijual kepada konsumen. Untuk menambah usia pemakaian tentu diperlukan perawatan berkala, karena itu Champs juga menyediakan suku cadang mesin air panas dari pabrik mereka.




. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .