Personal Blog, Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Catat Nih! Keuntungan Punya Investasi Bagi Generasi Z dan Millenial

with Leave a Comment
Keuntungan Investasi Generasi Z dan Generasi Millenial dengan Pluang

Usia muda adalah usia yang paling pas untuk melakukan investasi. Bagaimana tidak, apabila kita melakukan investasi sedari dini, maka kemungkinan besar kita bisa sukses dalam usia yang relatif muda.

Tertarik dengan investasi anti ribet? Pakai aplikasi Pluang saja! Kamu bisa mengakses aplikasi ini dari hp untuk berbagai produk investasi.

Lalu, apa saja sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dari investasi sejak usia muda? Yuk, kita simak sama-sama informasinya di bawah!

1. Return Tinggi Bikin Untung Membludak
Sifat dari investasi adalah menanam modal sehingga di kemudian hari mendapatkan untung yang berlipat. Investasi sendiri bentuknya bisa macam-macam, mulai dari reksadana, emas, hingga saham. Tinggal disesuaikan dengan minat kalian sebagai investor.

Berapa sebenarnya nilai return alias balik modal dari investasi itu sendiri? Hal ini tergantung dari jenis investasinya.

Investasi yang cenderung memiliki risiko kecil biasanya nilai return-nya antara 2% - 7%. Sedangkan investasi yang memiliki risiko moderat hingga tinggi, nilai return-nya bisa mencapai 20%!

Yang menariknya lagi, jika kamu mencoba investasi reksadana di aplikasi Pluang, ada produk reksadana pendapatan tetap yang diberi nama UOBAM Dana Membangun Negeri yang bisa sekaligus berkontribusi pada pembangunan negara lho!

Pasalnya dana yang terkumpul sebanyak 80% akan dialokasikan ke obligasi BUMN dan pemerintah yang merupakan salah satu sumber pendanaan pemerintah untuk membiayai belanja pemerintah yang tertera pada APBN. Hitung-hitung mengejar untung sekaligus membantu negeri, menarik ya?

2. Siap - siap buat Dana Nikahan
Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda saat melakukan investasi. Ada yang tujuan keuangannya menjadi orang kaya, ada juga yang tujuan keuangannya adalah mempersiapkan dana pernikahan.

Pesta pernikahan hanya gerbang awal dalam mengarungi bahtera rumah tangga lho. Sebenarnya ada banyak sekali pengeluaran pernikahan di luar pesta pernikahan itu sendiri. Sebagai contoh, pastinya setelah menikah kamu membutuhkan perabot rumah tangga dan mengontrak rumah bukan?

Nah, rata-rata dana yang kamu butuhkan untuk pesta pernikahan dengan tamu undangan kira-kira 100 orang saat ini berkisar di angka Rp 40 juta. Belum termasuk membeli perabotan rumah tangga.

Kalau kamu tidak menyiapkan dana untuk persiapan menikah ini sejak dini, maka kamu akan kesulitan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan sesuai impian. Bahkan, banyak pasangan pengantin yang akhirnya terjerat hutang setelah melakukan pesta pernikahan.

Yuk, penuhi mimpi kamu untuk memiliki pesta pernikahan sesuai idaman serta bebas hutang dengan berinvestasi sejak usia muda!

3. Biaya Sekolah Anak
Investasi juga bisa menyelamatkan kamu dari tingginya inflasi biaya pendidikan anak. Sebagai bahan perbandingan kamu, biaya masuk kuliah jurusan komunikasi di universitas negeri pada tahun 2000 ada di kisaran Rp4 juta rupiah, kemudian pada tahun 2010 meningkat menjadi Rp 20 juta rupiah, dan pada tahun 2020 nilainya ada di kisaran Rp 40 juta rupiah.

Terlihat kan bahwa biaya sekolah juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Maka dari itu kamu perlu menyiapkan biaya pendidikan anak-anak sejak mereka masih kecil, atau bahkan sebelum kamu memiliki anak.

Pilihlah jenis investasi yang gampang dicairkan sewaktu-waktu sesuai dengan siklus pendidikan anak-anak, yakni di pendidikan dasar, tingkat lanjutan, hingga kuliah. Salah satu investasi yang cocok untuk kriteria tersebut adalah investasi reksadana serta emas batangan.

4. Menikmati Masa Tua yang Aman
Generasi Millennial atau gen Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1980 - 1995. Sedangkan generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1996 - 2010. Saat ini mereka adalah generasi produktif di Indonesia.
.
Dua generasi ini sudah terbiasa dengan hidup dengan banyak kemudahan dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Kamu pastinya tidak ingin gaya hidup ini berlalu setelah tua dan memasuki masa pensiun bukan?

Salah satu cara supaya kamu tetap dapat menikmati masa pensiun dengan aman dan nyaman adalah mempersiapkan dana pensiun melalui investasi. Persiapkan dana pensiun kamu dengan cermat supaya gaya hidup yang kamu miliki selama usia produktif masih bisa kamu nikmati setelah pensiun.

5. Membahagiakan Orang tua
Tujuan investasi bukan melulu untuk kebahagiaan diri. Bisa jadi orang berinvestasi dan mendapat banyak keuntungan justru karena ingin membahagiakan orang lain, contohnya orangtua.

Selama ini banyak sekali cerita anak-anak yang sukses bekerja keras dan mendapat banyak keuntungan dengan harapan untuk membahagiakan orang tua. Tidak sedikit anak muda yang punya impian ingin membuatkan rumah untuk orang tua, hingga ingin memberangkatkan orang tua untuk umroh dan haji.

Kamu bisa juga seperti itu. Caranya, investasikan uang kamu di instrumen keuangan dengan keuntungan besar yang hasilnya untuk membahagiakan keluarga kamu.

6. Passive Income tanpa Harus Kerja Keras
Investasi itu tidak seperti menabung, dimana uang kita diendapkan di bank dan tidak menghasilkan apa-apa. Investasi itu membiarkan uang kita bekerja sendiri tanpa kita perlu susah payah bahkan bisa jadi modal pembangunan negara. Sehingga investasi disebut juga dengan passive income.

Contoh sederhananya apabila kamu berinvestasi di instrumen Surat Berharga Negara (SBN), maka uang yang kamu tanamkan tersebut akan menjadi modal negara dalam melakukan pembangunan. Saat negara makin maju, pastinya kita juga akan mendapat pembagian keuntungan dari negara.

Kapan lagi coba membiarkan uang yang bekerja bagi kita dan mendukung pembangunan? Kamu sebagai generasi muda bisa mendapat passive income sekaligus menjadi pahlawan negara hanya dengan berinvestasi lho.

Itu dia deretan keuntungan melakukan investasi bagi generasi millennial dan gen Z. Semoga makin menginspirasi kamu untuk segera berinvestasi. Yuk, mulai investasi dari sekarang!










0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .