Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Yuk, Ketahui Apa itu Animasi Stop Motion Yang Sering Kalian Tonton!

with 1 comment
Jasa Animasi Stop Motion Fastwork ID


Animasi stop motion atau juga bisa disebut animasi stop frame pada dasarnya adalah animasi yang ditangkap satu frame pada satu waktu, dengan objek nyata (seperti boneka, kertas dan lain-lain) yang dipindah-pindahkan antar frame.

Saat Anda memutar ulang urutan gambar dengan cepat, maka itu akan menciptakan ilusi gerakan. Jika Anda memahami cara kerja animasi gambar 2D (kartun Disney pertama kali), stop motion ini masih bisa dibilang mirip dengan konsep pembuatan kartun disney, kecuali satu hal yaitu pada stop motion menggunakan objek nyata alih-alih gambar.

Pada dasarnya, proses pembuatan animasi melibatkan pengambilan foto objek atau karakter Anda, dengan sedikit memindahkannya, lalu mengambil foto selanjutnya. Saat Anda memutar ulang gambar secara berurutan, objek atau karakter tampak seperti seolah-olah bergerak sendiri.

Pastinya seumur hidup Anda telah melihat banyak animasi stop motion seperti dalam iklan, video musik, acara televisi, dan film layar lebar, bahkan jika Anda tidak menyadarinya.

Meskipun umumnya orang menganggap stop motion hanya menggunakan satu gaya tertentu, seperti animasi tanah liat, kenyataannya adalah bahwa teknik stop motion dapat digunakan untuk membuat berbagai gaya pada film.

Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan video animasi untuk membuat video stop motion yang Anda butuhkan bila dirasa membuat animasi stop motion sangatlah rumit.

Memotret Animasi Stop Motion


Stop motion pada awalnya dipotret dengan kamera film. Para animator tidak dapat melihat bagaimana tampilan karya mereka sampai film mereka dicetak. Mereka menggunakan pengukur permukaan untuk melacak di mana karakter mereka berada, dan seberapa jauh untuk memindahkannya.

Jika animasinya tidak lancar, jika setnya terbentur, atau jika pencahayaannya buruk, pekerjaannya hilang maka animator harus memulai dari awal lagi.

Kemudian, adanya mesin video khusus yang memungkinkan animator untuk melihat satu atau dua frame terakhir, dan membandingkannya dengan video langsung dari kamera. Ini memungkinkan mereka untuk menilai bagaimana animasi mereka bergerak.

Menggunakan DSLR untuk Animasi Stop Motion


Pada tahun 2005, film animasi Corpse Bride dibidik dengan Canon EOS-1D Mark II, menjadikannya film dengan fitur stop motion pertama yang diambil dengan kamera foto digital. DSLR awalnya tidak memiliki live view, sebuah fitur di mana kamera dapat menyediakan video stream dari gambar melalui lensa kamera. Jadi, studio harus menggunakan kamera video sekunder untuk memberikan bantuan video.

Pada tahun 2007, Canon dan Nikon memperkenalkan DSLR dengan live view. Sejak saat itu, DSLR telah digunakan untuk memotret sebagian besar stop motion berkualitas profesional seperti yang Anda lihat saat ini, mulai dari film layar lebar hingga video musik hingga serial televisi dan iklan siaran.

Memanfaatkan Freelance Animator untuk Membuat Animasi Stop Motion


Pada umumnya, animator dapat membuat video animasi bergerak dengan software-software khusus yang telah mereka kuasai. Mereka pun sudah mengerti teknik pengambilan yang bagus sehingga objek bergerak tetap terlihat rapih walaupun dipindah-pindahkan.

Anda tidak perlu mencari kamera digital yang bagus untuk membuat stop motion apalagi membelinya. Setelah membeli kamera digital pun masih butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajari teknik ini, karena akan terlihat tidak rapih bila diambil secara asal-asalan.

Carilah pembuat video animasi murah di situs freelancer terpercaya seperti Fastwork. Dengan melalui situs freelancer tersebut, Anda bisa mencari animator terbaik untuk kebutuhan animasi Anda. 

Diskusikanlah dengan hati-hati dan lebih detail dalam menerangkan kebutuhan animasi yang Anda inginkan agar hasil stop motion bisa memuaskan. Ini adalah salah satu cara bila Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu, biaya dan tenaga dalam membuat video animasi stop motion.

Begitulah hal yang bisa Anda ketahui mengenai animasi stop motion jika Anda tertarik untuk membuatnya di video promosi ataupun konten video YouTube yang sedang Anda garap.




. . .

1 Komentar:

Anisa AE mengatakan... Reply Comment

Bener banget sih ini yang sering dibutuhkan untuk konten di akun media sosial, sayangnya kadang enggak sempat buat video kayak gini. Mantep ini bisa jadi solusi buat yang ingin membuat video buat konten ini mah fastwork. Terima kasih informasinya!

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .