Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Mau Mulai Usaha Coffee Shop? Ajukan KTA untuk Tambahan Modal

with 1 comment

Pinjaman Modal Usaha Coffee Shop

Nongkrong di coffee shop sedang menjadi tren tersendiri bagi anak muda. Saat ini banyak kedai kopi atau coffee shop yang bermunculan dan menawarkan konsep tempat yang estetik. Melihat terus bertahannya tren tersebut, kamu bisa memanfaatkan peluang untuk membuka usaha coffee shop.

Kegiatan nongkrong di coffee shop semakin digemari beriringan dengan berkembangnya media digital. Banyak anak-anak muda yang antusias membagikan momen nongkrong di coffee shop melalui media sosial. Semakin banyak anak muda yang mem-posting di media sosial, coffee shop pun semakin dikenali banyak orang.

Membangun coffee shop sendiri akan menjadi bisnis yang menjanjikan di era sekarang. Namun sayangnya keinginan tersebut harus tertunda karena besarnya biaya untuk membuka usaha coffee shop. Tapi kamu tidak perlu bingung soal kendala dana tersebut. Kamu bisa menggunakan pinjaman KTA dari bank untuk tambahan modal.

KTA adalah layanan kredit tanpa agunan yang disediakan oleh bank untuk membantu nasabahnya yang membutuhkan uang dalam jumlah besar dan dalam waktu cepat. Layanan kredit ini digemari karena kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa perlu menyerahkan jaminan surat atau barang berharga. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu cara memulai usaha coffee shop dan rincian modalnya.

Cara Memulai Usaha Coffee Shop

Cara Memulai Usaha Coffee Shop

Menjalankan sebuah bisnis perlu persiapan yang matang karena risiko dan persaingannya sangat tinggi. Untuk memulai bisnis coffee shop, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Menghitung dan Menyiapkan Modal

Salah satu hal paling penting untuk memulai bisnis coffee shop adalah menghitung dan menyiapkan modal usaha. Ka perlu membuat list barang apa saja yang dibutuhkan dan perkiraan harganya, seperti biaya sewa tempat, mesin pembuat kopi, perabotan, kemasan, hiasan dekorasi, promosi, dan sebagainya.

Modal ini bisa kamu dapatkan dari tabungan pribadi atau patungan dengan kolega bisnis kamu. Apabila membutuhkan modal cukup besar dalam waktu dekat, kamu bisa melakukan pengajuan KTA. Layanan KTA dari bank menyediakan pinjaman yang cukup besar sehingga sangat mendukung untuk tambahan modal membuka usaha coffee shop.

2. Menentukan Tempat atau Lokasi

Saat mencari tempat untuk usaha coffee shop, kamu perlu memperhatikan lokasinya. Pilihlah lokasi yang strategis. Misalnya lokasi yang berdekatan dengan kantor, kampus, atau pusat perbelanjaan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi bangunan, luas ruang, hingga akses lokasi menuju coffee shop.

Dengan mempertimbangkan berbagai hal tersebut, usaha coffee shop kamu akan lebih maksimal, kamu bisa mendapatkan lebih banyak konsumen dan lebih dikenal banyak orang.

3. Menentukan Target Market

Hal penting lain yang perlu kamu lakukan saat akan membuka usaha coffee shop adalah menentukan target market. Ketika sudah mengetahui target market, kamu bisa melakukan perencanaan bisnis dengan matang. Misalnya menargetkan mahasiswa, pekerja kantoran, wisatawan, dan sebagainya.

Kamu bisa mencari tahu berapa daya beli mahasiswa, jenis kopi yang biasa dibeli, nuansa tempat yang disukai, fasilitas yang dibutuhkan, serta strategi pemasaran yang efektif. Untuk menarik perhatian mahasiswa, kamu bisa memilih lokasi yang ada di dekat kampus dengan interior yang kekinian.

4. Menentukan Konsep

Saat ini ada banyak coffee shop yang bisa kamu temui di berbagai daerah. Supaya bisa bersaing dengan kompetitor, kamu bisa mengusung konsep yang menarik dan berbeda. Konsep tersebut bisa berasal dari menu, desain interior, hingga pelayanannya.

Misalnya kamu bisa mendesain kafe dengan konsep vintage semi modern. Kamu bisa memasang berbagai ornamen yang mengajak pengunjung nostalgia dengan adanya kendaraan lawas, foto retro, serta pakaian pelayan yang bergaya vintage. Kamu bisa mendesain ruangan Kamu dengan warna-warna krem, putih, atau kekuningan. Dengan gaya ini, pengunjung akan semakin betah berlama-lama di kafe kamu.

5. Cari Supplier

Hal yang tak boleh terlupakan saat memulai bisnis coffee shop adalah supplier. Kamu perlu mencari penyedia bahan baku yang bisa dipercaya, dari segi kualitas barang dan pelayanannya. Sebelumnya, kamu perlu riset dan uji coba beberapa sumber produk. Untuk mencari supplier terbaik, kamu bisa bertanya kepada teman atau mencari secara online.

Design Interior Coffee Shop
src: https://www.freepik.com/free-photo/interior-shot-cafe-with-chairs-near-bar-with-wooden-tables_7810365.htm#query=coffee%20shop&position=13&from_view=search&track=ais

Rincian Modal Usaha Coffee Shop

Selain merencanakan ide bisnis coffee shop, kamu juga perlu menghitung modal usaha yang dibutuhkan. Berikut contoh rincian modal usaha membuka coffee shop.

1. Biaya Sewa Tempat

Apabila tidak memiliki bangunan sendiri, kamu bisa menyewa tempat untuk membuka usaha coffee shop. Pilihlah tempat yang sesuai dengan budget kamu. Kalau modal masih minim, kamu bisa mencari tempat yang lebih kecil. Ada banyak ruko kosong yang bisa kamu sewa. Namun jika modal kamu banyak, lebih baik memilih tempat yang memiliki ruang luas dan strategis.

2. Peralatan Coffee Shop

Setelah menemukan tempat yang cocok dan tahu biayanya, kamu perlu menghitung biaya peralatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa estimasinya peralatan yang diperlukan untuk usaha coffee shop.

  • - Blender mulai dari Rp300 ribu
  • - Oven mulai dari Rp2 juta
  • - Automatic drip coffee makers (pembuat kopi tetes otomatis) mulai dari Rp8 juta
  • - Mesin espresso mulai dari Rp15 juta
  • - Coffee grinder (penggiling kopi) sekitar Rp1,5 juta
  • - Pemanggang roti sekitar Rp500 ribu
  • - Kulkas sekitar Rp2 juta
  • - Oven sekitar Rp2 juta

Dengan rincian tersebut, modal usaha yang kamu butuhkan sekitar Rp31,3 juta. Selain itu, masih ada juga peralatan tambahan lain yang kamua perlukan sesuai kebutuhan.

3. Bahan-bahan

Setelah menyiapkan peralatan, kamu perlu membeli bahan-bahan yang mendukung bisnis coffee shop. Ada banyak bahan yang perlu kamu beli, seperti cup, kopi bubuk, susu cair, gula, dan yang lainnya. Usahakan kamu memilih bahan-bahan terbaik untuk menjaga kualitas makanan dan minuman. Berikut beberapa perkiraan harga bahan-bahannya.

  • - Cup kertas kopi: Rp15 ribu untuk 50 pcs.
  • - 1 kg kopi bubuk: Rp100 ribu.
  • - 1 liter susu cair sekitar Rp30 ribu.
  • - 1 kg gula pasir sekitar Rp50 ribu.

Selain bahan-bahan tersebut, masih ada bahan lain yang kamu butuhkan. kamu juga perlu membeli bahan untuk variasi kopi dan menu makanannya.

4. Pemasaran

Kamu juga perlu memikirkan biaya untuk pemasaran atau promosi. Pemasaran dibutuhkan untuk menarik lebih banyak konsumen. Dengan promosi yang efektif maka produk kamu kan dikenali banyak orang.

Kini kamu bisa promosi dengan mudah melalui media sosial. Kamu bisa menggunakan layanan iklan berbayar di media sosial. Contohnya iklan di Instagram Ads atau Facebook Ads dengan kisaran biaya Rp95 ribu per 1000 tayangan.

Tambahan Modal Usaha Coffee Shop


Menggunakan PermataKTA untuk Tambahan Modal Usaha

Membuat coffee shop membutuhkan modal yang tidak sedikit, mengingat harga peralatan dan sewanya tempatnya cukup mahal. Tapi tenang, kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA untuk tambahan modal. Salah satu pinjaman tanpa agunan yang bisa kamu pilih adalah PermataKTA.

PermataKTA adalah layanan kredit tanpa agunan dari PermataBank. PermataKTA menyediakan pinjaman dana hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhanmu untuk membuka usaha coffee shop. Dengan pinjaman ini, keinginanmu untuk membuka usaha coffee shop bisa semakin cepat terwujud.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman dana hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa kamu nikmati di antaranya tenor hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah.

Informasi selengkapnya mengenai cara pengajuan PermataKTA bisa kamu baca melalui laman PermataKTA secara langsung.



Sincerely,
Lifestyle Blogger Indonesia








. . .

1 komentar:

  1. PR banget ini ya kak dalam membangun usaha kopi, soalnya kebanyakan di daerahku tuh banyak yang gulung tikar.

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .