Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Tips Membersihkan dan Merawat Batu Alam pada Lantai Teras Rumah

with Leave a Comment
Tips Membersihkan Batu Alam Lantai Rumah
Freepick

Untuk membangun teras rumah, ada berbagai jenis lantai yang bisa digunakan, mulai dari lantai keramik hingga jenis batu alam. Hal ini dapat membuat Anda perlu memperhatikan cara pembersihannya dan pemilihan bahan pendukung yang tepat, misalnya dalam menentukan lem keramik lantai.

Jika bicara tentang batu alam, bisa dibilang bahwa penggunaannya cukup populer untuk berbagai jenis gaya bangunan, karena bisa memberikan kesan yang estetik dan berkelas. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan dan melakukan perawatan rutin untuk lantai batu alam.

Tips Membersihkan Batu Alam pada Lantai Teras

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan batu alam memang cukup populer. Mulai dari penggunaan di rumah dan tempat hunian lainnya, hingga berbagai gedung seperti pusat perbelanjaan atau perkantoran.

Salah satu area yang cukup strategis untuk memasang batu alam yaitu pada lantai teras. Namun, karena bisa jadi sering dilintasi atau digunakan untuk fungsi lainnya, maka diperlukan pembersihan secara rutin.

Berikut tips untuk membersihkan batu alam yang disusun pada lantai teras. Tips di bawah ini juga bisa digunakan untuk batu alam yang diletakkan di lokasi lain:

  • 1. Bersihkan dengan Air

Pertama, Anda bisa membersihkan jenis batu alam tertentu hanya dengan memakai air, misalnya untuk batu andesit.

Jadi, jika sudah terlihat kotor atau kusam, segera bersihkan dengan memakai air bersih. Lalu, jika debu atau kotorannya sudah menumpuk, maka Anda bisa menambahkan jenis cairan pembersih, misalnya sabun atau detergen.

  • 2. Bersihkan dengan Cairan Khusus

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan cairan khusus untuk membersihkan batu alam, supaya tetap bersih dan tampilannya mengkilap.

Untuk langkah awalnya, Anda bisa memanfaatkan porselen untuk membersihkan berbagai bagian yang tampak kotor, berlumut, kusam, atau mengalami pelapukan.

Jika langkah tersebut belum berhasil membersihkan batu alam, maka selanjutnya Anda bisa memakai cairan khusus, misalnya dengan mencampurkan air keras dan air biasa.

  • 3. Manfaatkan Kuningan dan Kawat atau Sikat Plastik

Untuk jenis batu alam yang mempunyai pori-pori cukup besar dan permukaannya kasar, maka salah satu cara pembersihan yang bisa dilakukan yaitu dengan memakai kuningan atau kawat.

Selanjutnya, untuk jenis batu alam yang permukaannya halus, maka sebaiknya Anda memakai sikat berbulu yang dibuat dari bahan plastik.

  • 4. Manfaatkan Ampelas

Cara berikutnya yang bisa digunakan yaitu dengan memakai ampelas. Namun, pastikan dulu batu alam telah kering sebelum melakukan proses pembersihan yang satu ini.

Dengan memanfaatkan ampela, Anda bisa membuat area yang tadinya lapuk menjadi kembali bersih dan mengkilap. Jika sudah tampak normal, maka Anda bisa melanjutkan proses pembersihan dengan mencuci batu alam tersebut.

Lem Keramik Lantai
https://www.freepik.com/free-photo/contrasting-outdoor-textures_31897407.htm#query=batu%20alam%20lantai&position=5&from_view=search&track=ais&uuid=e5e1c557-f4c1-4d22-b995-1ae4eb56ab32

Tips Merawat Batu Alam pada Lantai Teras

Selain tips untuk membersihkan, ada pula tips untuk merawat batu alam pada lantai teras. Misalnya yakni dengan memperhatikan lem keramik lantai. Inilah berbagai langkah yang dapat Anda lakukan:

  • 1. Lakukan Pembersihan Rutin

Tips pertama yang perlu dipahami yaitu penting untuk melakukan pembersihan rutin. Hal ini tidak bisa diabaikan karena ada berbagai hal yang bisa menyebabkan batu alam menjadi kotor. Jadi, jangan sampai batu alam dipenuhi dengan kotoran, debu, atau lumut yang menempel.

Sebelum warnanya tampak kusam, sebaiknya segera Anda bersihkan dan pastikan hal ini dilakukan secara rutin.

  • 2. Hindarkan dari Alat Berat

Tips kedua, sebaiknya Anda menghindari penggunaan alat berat di sekitar lantai batu alam. Misalnya, melakukan pekerjaan berat atau konstruksi dan melintasi lantai tersebut.

Perlu dipahami bahwa alat berat dapat sangat berpotensi untuk mengakibatkan kerusakan atau keretakan bagi batu alam. Maka dari itu, sebaiknya hal ini diperhatikan dan dihindari.

  • 3. Waspadai Cuaca Ekstrem

Berbagai tantangan cuaca ekstrem dapat menjadi faktor risiko kerusakan untuk batu alam, misalnya ketika sedang hujan deras maupun panas terik.

Jadi, ada salah satu cara perawatan yang bisa menjadi solusi dalam hal ini. Anda bisa melindungi batu alam dengan meletakkan penutup sementara atau memasangkan atap di atasnya. Dengan begitu, maka batu alam dapat lebih terlindungi dari faktor cuaca.

  • 4. Lakukan Konsultasi

Tips terakhir, Anda dapat melakukan konsultasi dengan profesional dalam melakukan perawatan ini. Konsultasi dapat menjadi cara terbaik apabila Anda merasa tidak yakin dengan berbagai langkah yang sudah dilakukan.

Selain itu, penting juga untuk mengonsultasikan berbagai jenis bahan pendukung yang digunakan, misalnya untuk pemakaian lem keramik lantai atau jenis perekat lainnya.

Tips Membersihkan dan Merawat Batu Alam pada Lantai Teras Rumah

Setelah membaca berbagai penjelasan tentang tips membersihkan dan merawat lantai batu alam di atas, maka kini Anda dapat menerapkannya. Ternyata, ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi supaya lantai batu alam tetap berada dalam kondisi baik dan aman.

Namun, selain berbagai hal di atas, perlu dipahami juga bahwa pemilihan batu alam dan berbagai bahan pendukungnya perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu lem yang digunakan untuk merekatkan batu alam, misalnya memakai produk lem untuk keramik lantai.

Perlu dipilih produk yang sudah terjamin kualitas dan sepak terjangnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hasilnya.

Maka dari itu, pakailah produk SikaCeram - 180 GA TileFix dan SikaCeram 200 TA Tilefix yang memiliki daya lekat sangat baik. Produk ini juga mudah digunakan dan diaplikasikan, hanya menambahkan air. Selain itu, cocok untuk granit, aplikasi pada dinding dan area basah (bukan area terendam). 

Sika merupakan brand ternama yang pertama mencetuskan waterproofing semen di Indonesia. Pengalaman pun sudah sepanjang 113 tahun, serta sudah menangani berbagai proyek global. Untuk proyek di Indonesia, salah satunya pencapaian besarnya yaitu MRT.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan produk terbaik dari Sika, termasuk lem keramik lantai andalannya. Untuk mendapatkan berbagai informasi lebih lanjut tentang produk Sika, klik di sini!

Sincerely,
Elisa

. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .