Personal Blog

Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Blogger dan Media Sosial

with 23 comments
manfaat media sosial dalam membangun motivasi blogger

Saat ini media sosial bukanlah sesuatu yang asing. Dari emak-emak berdaster sampai anak kecil yang baru bisa baca-tulis, dapat dengan begitu mudahnya mengakses beragam media sosial, tentunya pengaruh gadget yang semakin canggih dan juga dukungan koneksi internet yang saat ini di setiap gang sudah bisa akses free wifi dengan cukup modal ijin yang punya saja. Dikutip dari koran-sindo.com, prediksi pengguna media sosial pada tahun 2016 berkisar 2.34 miliar akan meningkat pada tahun 2017 yakni mencapai 2.51 miliar. Waaa chincayaaa? XD


Kuantitas tidak menentukan kualitas - Anonim.

Yes. Dengan banyaknya pengguna media sosial, belum tentu mereka semua memperoleh atau sepenuhnya menebar manfaat dengan baik dan bijak. Banyak saya lihat di beranda saat ini update status yang mambu-mambu SARAswati atau membagikan tautan artikel yang memicu kontroversi. Saya sendiri lebih memilih unfollow akun-akun yang masuk "daftar hitam" sesuai kriteria saya, salah satunya seperti yang saya sebutkan di atas. Bukan apa, sih, status atau link betebaran yang belum jelas keabsahan dan rentan memicu kontroversi tersebut sangat lihai mengalihkan fokus saya dari draft blogger ke beranda yang penuh jalanan buntu. Bacain komentarnya itu, loh, lucu-lucu nyebelin tapi tetep aja pengen lanjut baca. Ckckck.

Jujur, saya sendiri termasuk orang yang suka ngoceh nggak jelas kalau lagi mainan media sosial, tapi bukan berarti saya lupa peran saya sebagai blogger, profesi yang saat ini popularitasnya sedang di atas angin, meskipun belum tentu juga saya termasuk dalam bagian -_-. Sebagai blogger, fungsi media sosial yang dengan leluasanya mengijinkan berbagi link artikel yang tertulis di www.elisa-blog.com benar-benar saya mafaatkan. Bahkan saya juga membuat fanpage khusus untuk share link dengan nama #DigitaLife: Personal Lifestyle Blogger, yaaa bukannya sok gimana, sih, biar akun pribadi saya jatuhnya nggak spam saja kalau lagi berbagi link tulisan. Btw, monggo loh, bagi yang belum dan mau like, fanpage-nya terbuka untuk umum, kok #eaaa ^^. Dari sana saya bisa menarik sedikit kesimpulan. Terlepas efek negatif media sosial yang sangat mujarab dalam mengalihkan fokus saat nge-draft, manfaat dari media sosial sendiri sangat bisa saya rasakan, yakni membagikan tulisan-tulisan saya (yang semoga saja ada manfaatnya) di sana.

manfaat media sosial dalam membangun motivasi blogger


Manfaat lain media sosial bagi blogger seperti saya di tahun 2016 ini adalah terhubungnya saya dengan komunitas-komunitas blogger di grup Facebook yang di dalamnya terdapat insan-insan ulet dan kreatif, hal tersebut sangat bisa memotivasi saya untuk tetap melanjutkan perjalanan hidup bersama www.elisa-blog.com. #ciegitu.

Koneksi. Entah itu koneksi internet, koneksi dunia kerja, ataupun koneksi dalam melakukan hobi, pasti akan membawa manfaatnya sendiri-sendiri. Seperti halnya perpaduan antara koneksi internet, media sosial dan hobi nge-blog yang menghubungkan saya dengan orang-orang kreatif dan penuh inspirasi serta merupakan penunjuk jalannya rizki.

Tujuan saya sendiri nggak muluk-muluk, masih sanggup menjadi bagian dari Blogger Indonesia saja saya sudah sangat merasa "wah" meskipun tingkatan saya masih jauh dari blogger-blogger keren yang bisa menang lomba kepenulisan ini-itu, menghadiri event blogger yang gegap gempita, blogger yang diundang sebagai narsum suatu tabloid ataupun televisi swasta, terlebih blogger yang dapat meciptakan konten kreatif serta mampu menjadi trendsetter bagi pembacanya. Biasanya kalau ada yang masuk tabloid atau televisi, saya cuma kebagian pamer ke suami "ini loh, Bang, teman blogger saya. Keren, kan?!". Padahal kenalnya, ya, cuma melalui media sosial, sesuatu yang kebanyakan orang bilang "dunia maya".

Kalau kamu? Bagian mana dari media sosial yang bisa menjadi motivasimu sebagi blogger?



Sincerely,

Manfaat Media Sosial dalam Membangun Motivasi Blogger

23 Komentar:

Ririe Khayan said...

Media sosial yang belakangan menempati peringkat lebih sering ta urusi ketimbang lainnya adalah IG. Seringnya apdet di IG langsung share ke akun sosmed lainnya.

dotsemarang said...

Woh cepat updatenya..

Yap, blogger kini tidak dijadikan lagi sebagai tempat curhat abadi.
Blogger harus mengerti peran mereka yang sekarang selalu dicari, baik pemerintah, perusahaan maupun agency.

Anisa AE said...

Banyak manfaatnya, terutama buat para blogger. Bisa buat promosi tulisan dan promosi-promosi yang lain. :v Hihihiihi

Afrianti Eka Pratiwi said...

Wiiiih bener juga soal bikin fanspage, tapi saya masih terlalu dini kalo mau bikin fanspage yang isinya cuam share link post blog. Soalnya blog saya nggak tenar-tenar banget hahaha :D

IYOTHWORLD said...

Semoga bisa menjadi blogger yang positif dan bermanfaat.

Arif Munandar said...

Saya cukup ikut tim hore ngeblog sajalah. Menikmati asiknya menulis dan membaca cerita dari orang lain. Plusnya ya bisa saling kenal dan seperti Mbak Elisa di atas, kurang lebih membuka jalannya pintu rezeki :)

GE MAULANI said...

Nah, aku belum bikin fanspage hihi *belum pede

Dian Ravi said...

Aku mulai mengurangi media sosial yang ga berhubungan dengan kerjaan. Jujur rasanya sedih ngeliat betapa banyaknya orang yang mudah terprovokasi lewat media sosial padahal belum tentu berita itu benar, kalau pun benar, belum tentu mereka paham benar maksud tujuan berita itu.
Tapi aku jelas ga mungkin melepas peran media sosial begitu aja. Apalagi udah berani ngaku-ngaku sebagai blogger yang rasanya wajib eksis di media sosial.

Didik Purwanto said...

Twitter, lebih mudah aksesnya. Intinya media apapun sama saja, yg penting bagaimana pengguna menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Nurul Fitri Fatkhani said...

Media sosial memang bisa membawa dampak positif atau negatif. Tergantung dari penggunanya juga, sih. Dan saya termasuk orang yang memanfaatkan media sosial untuk promosi. Baik itu promosi tentang tulisan di blog maupun promosi diri sendiri/branding.

lendyagasshi said...

Media sosial yang kini bisa menjadi sumber berkah.
Paling kerasa punya follower banyak di IG dan twitter.

((padahal sering gak bisa ikut juga kalo ditentuin jumlah followernya. Hiikks...))
Tapi bener, bisa jadi motivasi tersendiri.


Semangaat nge-blog ples narcist dengan tulisan sendiri.
Fightiiing...!

Alris said...

Kalo saya membatasi penggunaan media sosial. Kadang terlalu banyak malah bikin ribet dan gak bermanfaat. Hanya pakai medsos yang memang butuh saja.

salam

April Hamsa said...

Sekaramg medsosku jg buat hal2 seputar blogging aja mbk, jarang nyetatus, soalnya yg komen suka bikin kontroversial hehe

Dini Febia said...

Hihihi. Bisa gitu juga sih ya mbak. Memang kadang kita dapat banyak teman, tapi ya itu. Kadang belum pernah ketemu dan cuma 'teman maya' hahaha

wandasyafii said...

Medsos sangat nembaknya emang mba dalam dunia blogger. Kita bisa berbatas cerita di blog lewat medsos yang kita punya. Tanpa medsos Pula, mungkin saya nggak Jadi blogger. Karena saya tau blog ya dari medsos sih. Apapun jenisnya hehe

f.nugroho said...

dulu postingan blog saya juga sering jelek-jelekin kelompok tertentu, tapi seiring waktu jadi harus pilah pilih tema dan bahasa biar meski "jelekin" tapi ga terlalu vulgar :D

Maseko Sakazawa said...

UU ITE membuat kita semakin berhati² dalam menyampaikan opini..

Tukang Jalan Jajan said...

Sudah berapa banyak teman yang saya unfollow karena doyan nyebarin hoax ya. Duh banyak deh. Semoga tulisan ini semakin banyak di baca orang yah

Tarry KittyHolic said...

Saya belum terlalu maksimal memanfaatkan media sosial untuk mendukung saya sebagai bloger. Bloger macam apah ini :)

Jiah said...

Medsos sgt mendukungku sbg blogger. Tp kalau ada yg bau2 sara dan terlalu mengganggu, unfol aja sih

Rindang Yuliani said...

Bagiku medsos sangat bermanfaat. Namun, kadang jg jadi pembuang waktu yang sangat mudah ketika kelewatan memainkannya.

hungerranger.com said...

Aku ikut LBI karena lihat twitternya Mbak ELisa. Mau ikut tapi sudah mulai setengah jalan yang 2016.
Syukurnya tahun ini bisa ikut. Terimakasih mbak. *sungkem*

Sandi Iswahyudi said...

semoga kita tetap konsisten ngeblog mbak. kalau saya ngeblog dan medsos untuk berkarya dan ekspresi diri

You Can Contact Me

elisa.fariesta@gmail.com