Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Ragam Ide Bisnis Kreatif untuk Memulai Usaha

with 1 comment
Ide Bisnis Kreatif untuk Memulai Usaha


Memulai usaha dengan berkarya. Jujur, saya selalu kagum dengan pelaku usaha yang bermodalkan skill yang mereka miliki, apalagi biasanya skill tersebut juga merupakan bentuk dari hobi mereka juga, makin terkagum-kagum lah saya dengan ide bisnis kreatif tersebut.

Sekarang memang banyak ide kreatif untuk memulai bisnis yang sudah bisa kita temukan di pencarian google, dan menurut saya kita semua mungkin bisa untuk mencobanya dengan belajar secara otodidak melalui YouTube atau Artikel tutorial yang sudag banyak bertebaran di internet.

Apalagi sejak musim pandemi ini, banyak karyawan dari perusahaan besar yang terkena imbas PHK atau resign demi keselamatan diri, dan mereka dengan lincah dan cekatannya memutuskan untuk menggunakan ide bisnis kreatif  rumahan online dan terbukti kebanyakan dari mereka berhasil melewati masa ketidakpastian ini.

Selain itu.. bagi milenial yang saat ini masih ingin merasa bebas namun membutuhkan cuan buat jajan, dengan menjalankan bisnis kreatif bermodalkan kreatifitas yang dimiliki dan tentunya bisa diasah, milenial bisa tetap santai melakukan kegiatan sosialnya sekaligus menjalankan bisnis kreatif yang diinginkan, dan mereka pun bisa menyesuaikan jam operasinalnya sendiri tanpa ada tekanan dari pihak manapun kecuali klien XD.

Menurut saya, bisnis kreatif ini bisa sangat bermanfaat bagi pelaku usaha karena:

- Bisa menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri dan orang lain ketika sudah merasa mampu,
- Bisa menjadi kreatif karena dituntut untuk mengaplikasikan ide-ide menarik dan segar untuk klien.
- Bisa bekerja dari rumah dengan santai

Jadi.. Menurut saya usaha tersebut sangat menarik untuk dilakukan. Bagi yang belum tau bagaimana atau apa yang dimaksud dengan bisnis kreatif itu.. Berikut saya tuliskan beberapa jenis ide bisnis kreatif di masa pandemi atau ide bisnis kreatif untuk milenial 2022 yang bisa dilakukan di rumah.

4 Ide Bisnis Kreatif Untuk Memulai Usaha.


- Crafters


Tentu sudah banyak yang tau kan ide kreatif bisnis rumahan satu ini. Salah satu contohnya adalah perajut yang menghasilkan rajutan tas, dompet, pakaian bayi etc. Ada juga kerajinan seperti membuat karangan bunga dari snack, jilbab, bahkan uang sebagai hadiah untuk orang tersayang. Kegiatan kreatif di atas bisa dijadikan untuk bisnis kreatif rumahan online karena pasti ada banyak calon pembeli yang tertarik untuk mengadopsi barang-barang lucu dan bermanfaat tersebut.

- Illustrator


Nah.. Ini nih, ide bisnis kreatif yang menjanjikan dan selalu bikin saya iri! Ya.. Karena sekarang kan merupakan era digital yang tentu banyak membutuhkan media digital juga. Jadi illustrator ini menurut saya merupakan ide bisnis kreatif untuk milenial 2022 yang tepat banget. Saya sendiri sebagai makhluk yang nggak bisa cara pakai PS, AI, CDR, lebih memanfaatkan Canva untuk membuat ilustrasi, penggunaannya lebih mudah dan Alhamdulillah sudah beberapa kali cuan, jadi bagi pemula mungkin bisa mengikuti jejak saya lebih dulu.

- Fotografer


Foto atau video sekarang itu memiliki peran yang sangat penting demi terwujudnya feed atau timeline yang estetik. Yup! Digital marketing yang semakin merambah ke media sosial, menuntut para pelaku bisnis UMKM untuk memberikan foto terbaik dari produk mereka untuk dipajang di laman website atau media sosial bisnis mereka, dan ini merupakan salah satu alasan kecil kenapa Fotografi juga bisa dijadikan ide bisnis kreatif untuk milenial. Karena memang ada yang membutuhkan jasa foto tersebut.

- Blogger


Terakhir nih.. Yang sudah saya praktikan dan terbukti ini adalah ide bisnis kreatif yang murah dan menyenangkan XD. Blogger, sedikit napak tilas awal mula saya menjadi Blogger sampai detik ini. Pertama memang tujuan saya hanya menyalurkan hobi menulis, dan melihat kegiatan Blogger sebelum saya yang menarik, akhirnya saya memutuskan membuat Blog Lifestyle untuk diri saya sendiri. Dan siapa sangka, hobi yang saya lakoni ini ternyata mengandung banyak cuan! Karena.. Apapun produk bisnis kreatif atau UMKM kamu.. Semua bisa dipasarkan melalui media Blog oleh seorang Blogger #kutekinkuku.

Selain mempromosikannya melalui Blogger, website pribadi untuk meningkatkan penjualan dan reputasi bagi pelaku bisnis kreatif rumahan pun saat ini sangat dibutuhkan untuk bahan "product knowledge" bagi calon klien.

Jangan lupa juga, untuk hasil yang maksimal, kamu harus menyiapkan website yang memiliki waktu loading cepat dengan menggunakan hosting terbaik seperti VPS Indonesia dari niagahoster, karena hal tersebut pasti bisa membuat klien puas dengan hanya melihat gambar-gambar contoh product knowledge di website yang nunggu loading tampilannya nggak pakai lama. Akses website bisnis kreatif cepat, penjualan produk dan jasa bisnis kreatif bisa pesat. Mantap!

Oke sekian.. Kira-kira dari pilihan di atas, menurut kalian mana nih ide bisnis kreatif yang paling menarik dan pasti bakal kalian coba?


Sincerely,
Lifestyle Blogger









. . .

1 Komentar:

Laily Fitriani mengatakan... Reply Comment

Sepakat dengan ragam ide bisnis ini Mbak. Sebagai blogger udah membuktikan nih.

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .