Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Tips Berpuasa di Masa Pandemi

with Leave a Comment
Tips agar puasa tetap semangat

Berbicara tentang Puasa hari pertama di tengah kemacetan jalan nasional antar kota yang sudah cukup meresahkan, tentu tidak lupa juga kalau saat ini merupakan tahun ke 3 kita berpuasa di tengah pandemi, yang pada ramadan-ramadan sebelumnya banyak menyebabkan kecemasan.

Tapi jangan sampai hal tersebut membuat puasa tahun ini jadi nggak maksimal lagi ya, karena pasti sekarang sudah pada berpengalaman dan tau apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk membuat puasa lebih tenang meski corona masih berkeliaran.

Kalau saya sendiri, karena fisik yang kurang fit saat puasa di tengah pandemi tahun lalu, jadi banyak kurangnya. Hal tersebut tentu membuat saya banyak belajar apa saja yang mesti saya siapkan agar ramadan tahun ini bisa lebih maksimal lagi puasanya.

Dan akhirnya saya merangkum beberapa tips agar bisa tenang saat berpuasa meski tengah pandemi.

Jangan Lewatkan Sahur.


Ya.. Meski jam sahur ini merupakan jam-jam tidur pulas, kita jangan sampai melewat kan sahur begitu saja. 

Karena pada dasarnya, selain amalan sunnah, Sahur juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai untuk merangsang pencernaan di pagi hari, sebagai asupan karbo agar bisa menunda rasa lapar seharian.

Minum Air Putih Secukupnya.


Saat berpuasa, kesempatan untuk minum air putih kan waktunya jadi terbatas tuh,  hanya bisa minum setelah buka puasa sampai imsak tiba. Dan itu belum terpotong waktu istirahat kita juga.

Jadi.. Meski setelah satu hari menahan lapar dahaga dan maunya makan kenyang dan minum es buah saja, kita harus tetap minum air putih agar cairan di dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik dan supaya terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

Siapkan Makanan dan Minuman Bergizi


Selain minun air putih, menambah asupan nutrisi dengan memakan makanan yang sehat berupa sayuran, buah, susu atau jus saat buka dan sahur juga bisa membuat badan kita nggak lesu selama puasa.

Berbuka dan Sahur Secukupnya


Namanya orang seharian nahan lapar, biasanya kalau sudah ketemu makanan tuh maunya kalap, segala yang ada di meja makan maunya dimasukan ke perut semua.

Eits, itu nggak baik, lho.. Bukannya kenyang nanti perut malah begah, apalagi kalau pas berbuka puasa, lebih baik makan secukupnya, soalnya kalau terlalu kenyang, kita bakal susah mau makan sahurnya, karena perut sudah penuh terisi.

Minum Vitamin Sesuai Anjuran Dokter


Kenapa saya lebih menyarankan sesuai anjuran dokter? Karena puasa tahun pertama saat pandemi dulu, terjadi insiden akibat saya asal minum vitamin, dan itu berefek sampai sekarang. 

Jadi buat kalian yang memang ada keluhan khusus, minum vitaminnya jangan sembarangan, ya. Jangan sampai niat puasa dengan tenang di masa pandemi malah bikin gagal puasa karena terjadi hal nggak diinginkan :')

Nah.. Untuk sementara 5 tips di atas adalah yang sudah saya lakukan saat ini, tapi namanya orang hanya bisa berusaha, selanjutnya tinggal badan bisa diajak kerjasama atau enggak :')

Kalau kalian tips berpuasa biar tenang di masa corona nya gimana? Share dong..

Sincerely,

Lifestyle Blogger








. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .