Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Pekerjaan Beres Lebih Cepat dengan Manajemen Waktu yang Tepat

with 1 comment
Tips mengatur manajemen waktu yang efektif dan efisien

Menurut kalian, seberapa penting mengatur manajemen waktu dalam melakukan kegiatan sehari-hari? Bagi saya, manajemen waktu akan terasa bermanfaat apabila kita bisa mengaturnya secara tepat.

Dan ini benar-benar terbukti ketika saya menerapkannya dalam mengerjakan potensi uang muka rumah berdasarkan puluhan hingga ratusan bukti transfer dari marketing yang harus dicocokan dengan statement CMS, mencetak kuitansi, dan input data potensi sesuai nama user dan blok rumah yang dipesan.

Manfaat Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan kemampuan untuk mengelola waktu secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini melibatkan pengaturan jadwal, prioritas, dan penyelesaian pekerjaan dengan cara yang tepat dan efisien.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan manajemen waktu, di antaranya:

  • 1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan menerapkan manajemen waktu, kita bisa menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masing-masing pekerjaan dengan baik. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan produktivitas serta menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien.

  • 2. Mengurangi Stres

Dengan memiliki jadwal yang teratur, kita bisa mengurangi stres dan kecemasan yang diakibatkan oleh antrian pekerjaan yang menumpuk, karena kita sudah mengetahui perkiraan kapan pekerjaan-pekerjaan tersebut akan selesai berdasarkan manajemen waktu yang sudah kita susun.

Manfaat Manajemen Waktu untuk Pekerjaan

  • 3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Kita juga bisa memiliki waktu luang lebih. Tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan di waktu luang tersebut, entah itu dengan mengikuti kelas untuk upgrade skill, maraton drakor, quality time bersama keluarga tercinta, ataupun bermain game sepuasnya. Dengan begitu, kita bisa meminimalisir bad mood, pikiran juga jadi lebih tenang dan fresh.

  • 4. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kerja

Manfaat Manajemen waktu selanjutnya adalah, kita bisa menghemat waktu dan tenaga dalam menyelesaikan pekerjaan, hal tersebut karena ada batas waktu yang harus kita penuhi, sehingga waktu dan tenaga yang kita gunakan untuk bekerja bisa lebih efektif dan efisien.

  • 5. Memperbaiki Keseimbangan Hidup

Dan tentunya dengan berbagai manfaat manajemen waktu di atas, kita akan bisa menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, sehingga bukan tidak mungkin kita juga bisa mencapai kebahagiaan dalam hidup kita.

Website Game Online Gratis

Tips Mengatur Manajemen Waktu yang Efektif

Untuk mencapai manfaat manajemen waktu yang sudah saya tuliskan di atas, tentunya kemampuan dalam meyusun serta mengalokasikan waktu secara tepat sangat berpengaruh selama proses merealisasikan rencana yang sudah kita buat.

Sebagai bahan pertimbangan, biasanya saya menerapkan beberapa tips dalam menyusun manajemen waktu yang efektif sebagai berikut;

  • 1. Prioritas Rencana Kerja

Buatlah daftar rencana kerja secara detail dan mencakup apa saja to-do-list yang harus diselesaikan pada hari tersebut. Prioritaskan pekerjaan berdasarkan tingkat urgensi dan kepentingannya. Selain itu, jangan lupa untuk menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

  • 2. Hindari Multitasking

Jangan terlalu banyak multitasking. Multitasking dapat mengurangi efektivitas dan produktivitas selama bekerja, selain itu multitasking juga bisa mengacaukan batas waktu yang sudah kita tentukan di awal. Sebaliknya, fokuslah pada satu pekerjaan dan selesaikan pekerjaan tersebut sebelum beralih ke pekerjaan yang lain.

  • 3. Fokus dan Konsentrasi

Hindari gangguan. Gangguan seperti telepon, WhatsApp, atau bermain media sosial dapat mengganggu konsentrasi dan menghambat produktivitas. Kalau pun ada pesan atau panggilan, bisa kita cek lebih dulu siapa pengirim dan tingkat kepentingan atau ke-urgensian-nya, kalau memang tidak ada keharusan yang mendesak, kita bisa membalas pesan hingga pekerjaan kita selesai

  • 4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental serta bisa memulihkan energi selama bekerja. Cobalah untuk mengambil istirahat singkat setiap satu atau dua jam sekali.

Dalam hal ini, karena saya bukan tipe orang yang bisa dengan mudah tertidur di meja kerja, saya akan mengisi waktu istirahat saya dengan menjalani hobi saya seperti bikin gambar digital di Canva, scroll timeline media sosial, ataupun bermain game.

Game Online yang ringan di PC

Rekomendasi Website Video Game Online Gratis

Selingan waktu untuk istirahat memang sangat penting dalam menjalankan manajemen waktu, dan dalam waktu tersebut, kita bebas menggunakannya untuk apa, tapi yang pasti kita tetap harus melakukan kegiatan yang bisa menjaga hormon dopamin dalam tubuh tetap stabil.

Misal kalau mau scroll timeline media sosial, pastikan konten yang kamu nikmati bisa membuat pikiran lebih fresh, begitu pun ketika ingin bermain game saat istirahat, pilih lah game-game ringan di mana kita bisa bermain dengan santai tanpa perlu berpikir keras dalam menyelesaikan setiap misinya seperti game Powerpuff Girl Unordinary yang ada di website video game bernama Plays.org.

Buat yang belum tau, Plays.org adalah website video game online gratis yang memiliki banyak sekali kategori permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak bahkan Ibu-ibu.

Dan karena merupakan free online video game, website permainan online ini bisa diakses kapanpun dan di manapun, tentunya bisa jadi rekomendasi yang tepat juga untuk mengisi waktu istirahat kerja biar bisa ketularan semangatnya gadis-gadis "Super Shy" dalam menghadapi berbagai kendala ketika bekerja #halah.

Pekerjaan Beres Lebih Cepat dengan Manajemen Waktu yang Tepat 

Dalam kesimpulannya, manajemen waktu sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan mengatur waktu dengan baik, kita dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan efisiensi, dan memperbaiki keseimbangan hidup.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kita untuk mempelajari dan menerapkan manajemen waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Dan tentunya, semoga dengan mengikuti tips-tips yang saya tulis di atas, bisa membantu kamu dalam mengatur manajemen waktu yang efektif dan efisien sehingga pekerjaanmu bisa beres lebih cepat, waktu santai jadi lebih banyak. Selamat mencoba!


Sincerely,
Lifestyle Blogger












. . .

1 komentar:

  1. manajemen waktu perlu banget apalagi buat yang sibuk di kantor maupun dirumah, kadang kala aku sendiri suka melanggar jadwal yang aku buat. Dan ujung-ujungnya nyesel dibelakang, kerjaan kantor jadi ga beres juga

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .