Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Apa Saja Fungsi Backlink untuk SEO?

with Leave a Comment
Fungsi backlink untuk pendukung artikel SEO


Ambisi dan keinginan para pemilik website untuk menempati posisi teratas hasil pencarian belakangan ini semakin besar. Karena selain terbukti bisa meningkatkan brand awareness bagi perusahaan, memiliki website yang bisa menempati posisi pertama pada kata kunci tertentu juga bisa membantu mendongkrak angka konversi penjualan.

Nah, jika kamu merupakan salah satu pemilik bisnis yang websitenya masih susah ditemukan di mesin pencari, maka sebaiknya mempertimbangkan untuk meningkatkan kualitas konten, struktur website, serta memperbanyak backlink berkualitas yang bisa membantu proses optimasi. 

Seperti kita ketahui, backlink sendiri merupakan salah satu faktor kunci dalam SEO yang sampai saat ini masih banyak dicari. Pasalnya, dengan memiliki banyak backlink berkualitas kamu akan mendapatkan manfaat yang bisa membantu memenangkan persaingan di tengah perkembangan digital. 

Apa Saja Fungsi Backlink untuk SEO? 


Yuk, simak apa saja fungsi backlink untuk SEO (Search Engine Optimization) yang perlu kamu ketahui agar website semakin mudah ditemukan di mesin pencari. Jangan lupa, gunakan juga hosting DomaiNesia agar performa website kamu semakin optimal.

1. Mengoptimalkan Authority Website


Fungsi pertama dari backlink adalah membantu meningkatkan authority atau otoritas bagi sebuah website. Saat ini otoritas sebuah website bisnis sangat penting karena bisa menjadi faktor pembeda antara brand kamu dengan kompetitor. Selain itu, nilai otoritas tinggi juga akan membuat calon pelanggan menjadi semakin nyaman dan percaya untuk membeli produk yang ditawarkan.

Untuk bisa membangun authority, salah satu caranya kamu bisa memulai dari proses link akuisisi dari media atau blogger dengan kredibilitas tinggi. Dengan begitu, secara tidak langsung website bisnismu juga akan dilihat memiliki nilai lebih karena banyak direkomendasikan oleh website bonafit.

2. Meningkatkan Kecepatan Index Halaman


Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan backlink berkualitas untuk meningkatkan kecepatan indeks halaman. Caranya yaitu dengan mencari backlink berkualitas dari website yang memang bagus dan cepat terindeks, seperti website media, atau blogger dengan niche yang relevan dengan bisnis.

Sebagaimana kita ketahui, backlink menjadi salah satu jalur bagi web spider atau web crawler untuk bisa merayapi konten yang sudah dibuat. Jadi, jika kamu punya banyak tautan dari website terkenal otomatis website akan semakin mudah ditemukan oleh bot search engine.

3. Sebagai Sumber Traffic Referral


Siapa bilang backlink hanya berfungsi untuk SEO dan bot search engine! Pada kenyataannya, backlink punya peranan lebih dari sekadar alat optimasi, melainkan juga bisa menjadi alat navigasi pembaca untuk berpindah dari satu halaman ke sumber lainnya dengan lebih cepat.

Baca juga : Pakar SEO terbaik

Alhasil, backlink punya potensi besar untuk bisa mendatangkan traffic kunjungan secara massif dari sumber referal. Jika tidak percaya, kamu bisa mulai membuktikan sendiri dengan cara memasang backlink di website dengan traffic tinggi.

4. Menjaga Reputasi Website di Mata Search Engine


Backlink bisa dikatakan mengusung konsep vote and recommendation. Dimana artinya, jika sebuah website memberikan backlink kepada website kamu, maka hal tersebut dihitung sebagai sebuah vote atau rekomendasi bahwa website kamu memiliki konten bermanfaat.

Semakin bagus dan berkualitas website yang memberikan backlink secara natural, maka semakin baik pula reputasi website yang akan kamu dapatkan dari backlink tersebut.

5. Membangun Hubungan Baru


Ketika mengunjungi sebuah artikel, biasanya kita akan disajikan dengan beragam menu dan informasi. Namun, backlink yang diletakkan pada konten yang tepat bisa menciptakan sebuah trigger atau ketertarikan dari pengunjung untuk mengklik atau melakukan registrasi karena memang mereka membutuhkan layanan tersebut.

Alhasil, dari sebuah backlink bisa menciptakan hubungan baru, baik dari satu halaman ke halaman berikutnya ataupun dari satu website ke website lainnya secara simultan.

6.Untuk Memperkaya Konten Agar Semakin Relevan


Terakhir, sebagai blogger atau SEO Content Writer kamu bisa memanfaatkan fungsi backlink untuk memperkaya artikel yang sedang dikerjakan. Kamu bisa menggunakan backlink ketika mengutip pernyataan dari seseorang, mengarahkan pembaca ke artikel yang lebih spesifik, hingga merekomendasikan produk yang bisa dibeli sebagai solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Sebagai informasi, tautan atau backlink contextual yang diletakkan pada artikel yang tepat merupakan jenis backlink paling baik yang direkomendasikan oleh Google. Dengan menerapkan strategi tersebut kamu tidak hanya bisa meningkatkan kualitas konten, tapi juga membantu website lain agar memiliki visibilitas lebih baik di mesin pencari.

Itulah pembahasan seputar fungsi backlink untuk SEO (Search Engine optimization) yang perlu kamu ketahui. Pada intinya, backlink sampai saat ini memiliki banyak peran untuk bisa membantu blogger atau pemilik website agar situs mereka lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat! Dalam mencari backlink usahakan untuk tidak menerapkan strategi spamming atau blackhat dengan cara ilegal, karena jika hal ini diketahui oleh Google maka resikonya website kamu akan terkena deindex atau tidak bisa ditemukan secara organik lagi.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Sincerely,
Blogger










. . .

0 Komentar:

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .