Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Investasi bagi Pemula yang Minim Resiko

with Leave a Comment
Investasi Minim Resiko untuk Pemula

Beberapa hari yang lalu saya membaca konten dari sebuah akun investasi yang memunculkan pertanyaan "Sudah 2024 nih, kenapa belum mulai investasi?" dan banyak sekali jawaban yang beragam dari pengikutnya, seperti belum ada dana cukup, nggak tau harus mulai dari mana, atau bagi sebagian pemula takut dengan adanya resiko lost yang tinggi.

Dan bagi saya yang uang simpanannya pas-pas an ini, kadang mikir juga, dibiarin nganggur di tabungan eman, mau dipakai investasi juga nggak tau investasi bagi pemula yang aman dan minim resiko itu bagaimana.

Tapi meski begitu, saya tetap mencari beberapa cara agar uang simpanan tersebut bisa sedikit bermanfaat (read: cuan), dengan mencari investasi yang ramah bagi pemula seperti saya.

Dari pencarian tersebut, saya menemukan  investasi yang menurut saya minim resiko pun sesuai dengan modal awal alias saldo yang ada di tabungan saya.

Investasi Minim Resiko dengan Deposito

Deposito merupakan investasi berjangka yang menurut saya minim resiko. Pencairan investasi dalam bentuk deposito dapat dilakukan sesuai ketentuan jangka waktu yang sudah disepakati di awal pembukaan deposito.

Kita bisa memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan, karena umumnya investasi deposito menawarkan jangka waktu mulai dari 1 bulan sampai dengan 24 bulan. Namun, ada juga opsi lain seperti sistem ARO atau automatic roll over, di mana ketika deposito akan habis jangka waktunya, kamu bisa memilih untuk perpanjangan secara otomatis.

Rekomendasi Deposito Aman bagi Pemula

Sebenarnya mungkin ada banyak produk deposito yang aman dan terpercaya, mengingat saat ini orang-orang juga sudah banyak yang melek literasi finansial, jadi pasti mereka akan memilih produk yang terdaftar dan dijamin oleh OJK serta lembaga keuangan resmi lainnya.

Tapi, karena terbatasnya modal saya 🫣 saya hanya berani mencoba 2 produk deposito dari platform yang memang sudah lama saya gunakan. Beberapa produk investasi deposito tersebut adalah:

Kode Referral Deposito Komunal

1. DepositoBPR dari Komunal

Pertama kali saya mencoba deposito, saya justru menggunakan produk investasi online depositoBPR dari Komunal. Sebenarnya agak was-was, sih, tapi karena waktu itu saya terikat kerjasama juga, dan tentu ada S&K yang harus dipenuhi, jadi aman lah ya.

DepositoBPR Komunal adalah platform berbasis teknologi finansial dengan layanan p2p yang menciptakan peluang antara UMKM berpotensi dan para pemberi dana (deposan) agar bisa saling mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Sebelum memilih produk deposito BPR di Komunal, kamu bisa membuat akun terlebih dulu melalui link berikut: https://user.depositobpr.id/signup/deposan?referral_code=EA1857

Kamu juga bisa menggunakan kode Referral deposito BPR yang valid: EA1857 untuk mendapatkan cashback setelah kamu membuka deposito pertamamu di DepositoBPR Komunal.

Selain mendapat cashback saat pembukaan deposito pertama, kamu juga akan secara berkala mendapatkan email promosi yang berisikan voucher cashback untuk pembukaan DepositoBPR selanjutnya.

Jadi selain modal yang dibutuhkan hanya mulai 1jutaan, banyaknya promo cashback di DepositoBPR Komunal juga menjadi nilai plus tersendiri bagi saya.

Prosesnya pun cukup mudah karena kamu bisa menyelesaikan semua secara online melalui website ataupun aplikasi DepositoBPR Komunal. Untuk menentukan tempat BPR, nominal deposito, jangka waktu, serta rate-nya, kamu bisa menggunakan fitur filter yang ada di website atau aplikasinya.

Untuk cara daftar akun DepositoBPR Komunal, kamu bisa baca lebih lanjut di artikel Buka DepositoBPR dengan Kode Refferal dan Dapatkan Cashback 100K

Invesrtasi Deposito yang Aman dan Minim Resiko

2. bluDeposit dari BCA Digital

Produk deposito ke dua yang saya gunakan adalah bluDeposit dari BCA Digital.

Jadi.. seperti tujuan awal saya menggunakan tabungan online blu by BCA Digital yang saya tuliskan melalui artikel Review Aplikasi blu By BCA Digital, yakni akan menyimpan uang hasil kolaborasi blog pada fitur bluSaving yang ada di dalamnya.

Tapi ternyata saya keterusan, apapun income yang saya peroleh, baik itu dari blog, kolaborasi media sosial, ataupun bonus dari tempat kerja, semua saya buatkan pos masing-masing di bluSaving by BCA Digital.

Dan.. masuk awal tahun 2023 kemarin, akhirnya terkumpul beberapa cuan hasil kolaborasi blog, yang membuat saya memutuskan untuk mencoba produk deposito online di BCA Digital, bluDeposit.

Untuk membuka deposito di BCA Digital, kamu perlu membuat bluAccount lebih dulu, dan cara daftar blu BCA Digital bisa dibaca melalui artikel Review Aplikasi blu By BCA Digital yang link-nya saya tautkan di atas.

Tapi tentu kedua produk deposito online di atas memiliki plus-minusnya sendiri.

Misal kalau di DepositoBPR Komunal, minusnya adalah, ketika kita sedang butuh dana darurat, kita nggak bisa melakukan pencairan mendesak sebelum jangka waktu berakhir, dan poin plusnya, pada saat hari besar atau perayaan tertentu, Komunal sering bagi-bagi voucher promo cashback deposito BPR yang dikirimkan melalui email.

Dan untuk bluDeposit by BCA Digital, plus-nya adalah, meski kita sudah membuat depositnya, kita bisa melakukan pencairan sewaktu-waktu kalau memang dibutuhkan, tapi tentu pencairan tersebut tidak termasuk rate atau bunga yang dijanjikan di awal, alias bunga hangus dan kita hanya menerima dana pokoknya saja.

Investasi bagi Pemula yang Minim Resiko

Dari dua investasi kecil-kecilan yang sudah saya lakukan di atas, tentu bagi saya investasi bagi pemula yang minim resiko adalah deposito.

Tapi ya.. seperti quote umum di dunia investasi yang berbunyi "high risk high return", dengan dana deposito pa-pas-an, saya juga nggak terlalu berharap mendapat rate atau return yang terlalu tinggi. Meski begitu, daripada saldo di tabungan nganggur gitu aja, mending dipakai investasi kecil-kecilan yang minim resiko, yakan..

Oke sekian tulisan kali ini, semoga buat kamu yang sudah pengen banget buat mulai investasi tapi masih bingung harus mulai dari mana, bisa sedikit dapat pencerahan dari tulisan ini.


Sincelery,
Elisa








. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .