Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Istilah yang Sering Digunakan saat Proses Jual Beli Rumah Subsidi

with Leave a Comment
Istilah Dalam Proses Jual Beli Rumah Subsidi

Siapa di sini yang kadang suka bingung sama istilah atau bahasa slang yang sering digunakan Gen Z zaman now? Kalau dikasih pertanyaan seperti itu, saya pasti akan jadi salah satu orang yang ikut mengangkat tangan tinggi-tinggi. Mungkin kalau istilah-istilah yang sering digunakan di dunia properti sih, saya agak paham, ya. Tapi kalau sudah berhadapan dengan Gen Z, saya sebagai naq millenial ini berasa jompo banget!

Bahkan ketika saya lagi sibuk-sibuknya dan nggak sempat buka media sosial sama sekali, pas buka timeline lagi tuh rasanya selalu muncul istilah baru yang hanya mereka yang non-stop mantengin medsos yang tau apa arti dari kata-kata tersebut.

Sama hal-nya dengan para pegiat medsos yang memiliki istilah beken tersendiri di antara circle mereka, dalam dunia properti juga ada istilah-istilah yang sering saya gunakan antar kolega, di mana kadang calon pembeli rumah nggak ngerti apa maksud dari istilah tersebut.

Istilah yang Sering Digunakan dalam Lingkup Properti

Jadi pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan tentang istilah-istilah yang akan sering saya gunakan pada artikel dengan tema properti kedepannya. Dan berikut adalah beberapa istilah yang akan sering kamu dengarkan ketika melakukan proses pembelian rumah subsidi;

1. Developer Perumahan

Developer atau pengembang perumahan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang properti atau pembangunan perumahan dengan kuantitas atau jumlah yang besar.

Proses Beli Rumah Subsidi

2. User

User sendiri merupakan istilah atau sebutan yang biasa digunakan oleh marketing officer / karyawan developer untuk pembeli rumah.

3. NUP

NUP adalah singkatan dari Nomor Urut Pemesan, istilah tersebut biasanya digunakan untuk membuat daftar urut user yang sudah membayar tanda jadi sebelum proses pemilihan unit rumah dilaksanakan.

4. Slik OJK (BI Checking)

Slik OJK adalah proses pengecekan catatan riwayat pinjaman debitur (dalam hal ini adalah calon user) pada bank atau lembaga keuangan lainnya. Pada catatan tersebut, akan ditampilkan riwayat pembayaran pinjaman debitur lancar atau macet. Dan hasil tersebut akan mempengaruhi hasil penilaian pengajuan KPR Subsidi.

5. KPR Subsidi

KPR Subsidi adalah program atau fasilitas bantuan dari pemerintah untuk masyarakat, berupa kredit pembiayaan / pemilikan rumah dengan harga terjangkau, suku bunga rendah, dan jangka waktu kredit yang panjang berdasarkan hasil penilaian aplikasi pemberkasan dari Bank penyedia KPR, baik itu Konvensional maupun Syari'ah.

6. Aplikasi Pemberkasan

Aplikasi pemberkasan sendiri merupakan form yang diterbitkan oleh Bank penyedia KPR untuk diisi dan dilengkapi oleh user. Pemberkasan tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dan penentuan ACC nominal dan jangka waktu KPR Subsidi yang sekiranya bisa dipenuhi oleh user.

7. SBUM

SBUM merupakan singkatan dari Subsidi Bantuan Uang Muka. Sama dengan KPR Subsidi, SBUM juga merupakan program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, dengan tujuan membantu mereka dalam memenuhi pembayaran sebagian atau seluruh uang muka rumah subsidi.

8. BLL

BLL atau biaya lain-lain. Merupakan biaya selain DP/harga jual yang harus dibayarkan oleh user ke developer sebelum serah terima kunci atau akad kredit dilaksanakan. Biaya ini nantinya akan digunakan untuk pemasangan saluran air per rumah, pajak biaya perolehan hak tanah dan bangunan (BPHTB), pembayaran biaya administrasi KPR dan lain sebagainya.

9. Realisasi

Realisasi adalah proses tandatangan akad jual-beli beserta akad kredit dengan Bank penyedia KPR di hadapan notaris, dalam agenda ini juga developer akan melakukan terima kunci kepada user. Realisasi merupakan langkah paling akhir dalam proses jual-beli rumah di perumahan subsidi.

 

Berkas Persyaratan KPR Subsidi

Istilah yang Sering Dipakai pada Proses Jual-Beli Rumah Subsidi

Nah, berbagai istilah di atas merupakan istilah yang bakal sering kamu dengar ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah subsidi dari developer perumahan dengan menggunakan fasilitas KPR Subsidi.

Sebenarnya baik itu rumah subsidi maupun komersil, istilahnya hampir sama, sih. Bedanya bagi user yang memanfaatkan fasilitas KPR untuk perumahan subsidi, akan lebih banyak istilah lain yang perlu dipahami makna dan tujuannya.

Dan selain istilah di atas, masih ada beberapa istilah form dari Bank Penyedia KPR yang bisa kamu lihat melalui artikel Syarat Pengajuan KPR Subsidi, yang awalnya saya tulis sebagai bentuk pelampiasan uneg-uneg saya karena harus dihadapkan dengan user yang kurang kooperatif.

Tapi alhamdulillah juga sih, artikel yang tujuannya buat ngomel tersebut ternyata bisa sedikit membantu mereka yang sedang membutuhkan contoh form lampiran untuk pengajuan KPR rumah subsidi.

Dan harapannya untuk artikel ini pun demikian, semoga apa yang sudah saya tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan, ya!


Sincerely,
Elisa

. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .