Personal Blog, Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

Memahami Fitur Pada Google Analytics dan Google Search Console.

with 1 comment

Begitulah kebanyakan orang bijak menyebutnya "Berbagi adalah wujud dari rasa peduli". Dan itu yang saya rasakan selama 3 minggu ini (bahkan lebih) ketika mengikuti kelas SEO dari BRT yang penuh dengan ilmu. Makasih lho Mbak Monic buat info yang di-share lewat story WhatsApp dan juga sudah diizinkan bergabung di kelas gratisnya *peluk*.

Menjalani masa rehat dari dunia blog selama hampir 3-4 tahun ini membuat saya jauh tertinggal akan peliknya dunia blog. Apa saja yang perlu diperhatikan agar blog mendapat predikat SEO yang baik, Bagaimana cara melacak kinerja blog agar dapat terindeks dengan benar oleh mesin pencari Google, dan update-update terbaru yang perlu diketahui oleh seorang blogger agar kinerja blog lebih maksimal lagi. Tentu banyak yang harus dipelajari jika sudah menyangkut tentang SEO, tapi kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya peroleh setelah mengikuti webinar gratis dari Kelas BRT dengan narasumber Mas Priyo Harjiyono yang bertema "Audit Web dan Cara Menggunakan Tools Audit".

Karena salah satu syarat untuk mendapat predikat SEO bintang 5 adalah dengan kita harus bisa memahami "kesehatan organ dalam" blog kita, juga memahami apa yang baik dan buruk bagi struktur blog. Maka layaknya tubuh yang harus diperiksa apabila badan terasa kurang fit, blog pun harus diaudit apabila ada sesuatu yang sedang nggak baik-baik saja, misalnya; artikel yang kita tulis nggak masuk dalam pencarian google. Wah.. sayang banget kan..

Nah.. Di sini saya akan membahas tentang tools yang bisa digunakan untuk mengecek kesehatan blog, lebih tepatnya istilah, fitur, serta fungsi yang ada pada tools tersebut. 

Cara_Audit_Website_dengan_Google_Analytics_dan_Google_Search_Console



Tools yang pertama adalah Google Analytics, sebagai blogger tentu kita sudah tau dong ya fungsi dasar dari Google Analytics *kan biasanya jadi salah satu syarat buat datengin cuan #skip*, Tapi ternyata.. Fungsinya bukan hanya sekedar melihat statistik jumlah user atau pembaca saja, lho.. Lalu apa saja yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Google Analytics? Berikut akan sedikit saya jelaskan sesuai urutan fitur-nya.

Istilah dan Fungsi Fitur pada Google Analytics

- Realtime, ketika kita masuk dalam fitur ini, kita akan disuguhkan dengan jumlah pembaca yang saat itu (bebarengan dengan kita pas buka GA) juga sedang membaca artikel di blog kita. Jadi secara langsung pada fitur realtime menunjukkan artikel mana yang sedang dibaca, dari mana sumbernya; Google, direct dari WhatsApp, atau dari referral link, bisa juga bersumber dari link yang kita share di media sosial, kalau dari google, kita juga bisa melacak kata kunci apa yang digunakan dalam mesin pencarian sehingga pembaca tersebut sampai pada blog kita.

- Audience / Penonton, dari fitur audience ini, kita akan mengetahui dari mana saja user atau pembaca blog kita berasal, terus mereka berkunjungnya pakai PC, Tab, atau smartphone, kalau pakai smartphone kita juga bisa lihat, yang mereka gunakan pas baca artikel di blog itu smartphone-nya merk apa, selain itu kita juga bisa melacak pembaca tersebut merupakan user yang sudah pernah berkunjung ke blog kita, atau merupakan user baru. Kok Google tau ya, dia user lama atau baru? Nah, biasanya IP yang digunakan user juga terekam di Google Analytics, jadi user-user yang berkunjung ke blog bisa dikategorikan sesuai dengan IP yang digunakan. 

- Acquisition / Akuisisi, fitur ini merupakan fitur yang merekam dari mana pembaca blog kita datang, hampir sama kayak yang realtime tadi kan? Tapi bedanya kalau acquisition ini merekam secara keseluruhan, bukan user yang sedang membaca artikel pada saat itu saja. Dan yang dimaksud dengan "dari mana" di sini bukan lokasi atau device yang digunakan ya, melainkan link atau asal muasal mereka berkunjung ke blog kita. Ada 4 kategori sumber yang dapat kita lihat pada fitur ini; yang pertama adalah user dalam kategori direct, biasanya mereka datang dari link yang di-share melalu WhatsApp dan aplikasi sejenis lainnya, atau yang lebih kerennya lagi, mereka datang dengan cara mengetik url blog kita secara langsung. Wah.. Kalau sampai hafal gitu kan sudah bisa disebut sebagi pembaca setia dong ya *Kepedean yang HQQ*. Selanjutnya ada juga kategori referral link, sebagai blogger kita pasti pernah melalui masa-masa ikutan list Blog Walking dong ya, nah dari situ lah biasanya referral link berasal, jadi ketika ada pengunjung blog lain atau website yang pernah kita tanamin link lalu pengunjung tersebut meng-klik link yang kita tanam di sana lalu masuk ke laman blog kita, user tersebut akan masuk dalam kategori referral link. Singkatnya seperti itu. Oh, ada juga yang berasal dari short url yang pernah kita bagikan juga, ding. Untuk kategori ke tiga adalah Social, dari namanya saja sudah jelas ya, dari mana user tersebut datang. Yes, mereka datang dari link-link artikel yang disebar melalui media sosial, apapun jenisnya, mulai dari twitter, linkedin, Facebook Page, Bio Instagram, dan media sosial lainnya. *emang ada berapa banyak sih? ^^'*. Dan yang terakhir adalah kategori yang sampai detik ini membuat para blogger berlomba-lomba buat berajar ilmu SEO, kategori ORGANIC SEARCH, duh sampe di capslock gitu. Jadi kenapa sampai mereka berlomba-lomba? Karena kalau kita bener-bener paham akan ilmu tersebut, hanya dengan mengetikkan keyword pada laman pencarian Google, pengunjung akan bisa langsung menemukan blog kita di laman pencarian google, Gaes! Itu kalau keyword yang kita gunakan tepat dan kalau syarat-syarat lain juga terpenuhi, bahkan artikel kita juga bisa banget lho bertengger di  page one-nya Mbah Google. Dan sampai detik ini, hanya beberapa artikel dari Lifestyle Blog by DigitaLife yang berhasil menembus page one, kasian *kan curhat kan*, oke lanjut. Jadi kalau user yang masuk ke blog kita langsung berasal dari pencarian google, user tersebut masuk dalam kategori organic search, begitu. 

- Behaviour / Perilaku, kalau menurut awam, fitur ini biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah page views dari artikel yang paling populer sampai yang biasa saja, jadi kita bisa tau artikel mana saja yang sering dikunjungi oleh pembaca, padahal dengan fitur ini kita juga bisa melihat bagaimana performa artikel dari sudut pandang pembaca, kalau diklik lancar dan nggak harus nunggu lama, atau malah harus mager bermenit-menit untuk mendapatkan tampilan halaman secara utuh dan ujungnya membuat calon pembaca bosan menunggu? Laporan-laporan seperti contoh di atas, atau tentang apa saja yang dilakukan oleh pembaca di blog kita akan terlihat pada fitur behaviour ini. 

Ke 4 fitur yang ada pada Google Analytics di atas akan sangat membantu Blogger dalam menulis sebuah artikel dengan patokan hasil pelacakan yang ada di dalamnya. Tentunya apabila kita tau benar bagaimana cara mempraktikkannya.

Tools berikutnya adalah Google Search Console, tool ini berfungsi untuk melacak performa blog, kehidupan url artikel blog di dunia google, juga membantu blogger untuk memperluas jangkauan artikel dengan fitur yang ada di dalamnya, dan bisa mendeteksi penyakit dalam yang dimiliki blog sesuai diagnosa dari Google. Sama dengan Google Analytics tadi, untuk Google Search Console, saya juga akan sedikit menuliskan tentang 

Istilah dan Fungsi Fitur pada Google Search Console.

- Performance, fitur paling atas dari Google Search Console, berfungsi untuk melacak kinerja blog, bisa dibilang fungsi Performance dalam Google Search Console ini kembar tapi beda dengan fungsi Google Analytics, kalau Google Analytics melacak kinerja blog dari sudut pandang pengguna, Performance pada Google Search Console ini melacak kinerja blog dari sudut pandang mesih pencari atau Google itu sendiri. Tentunya banyak sekali kategori yang dapat kita lihat di sana, mulai dari kinerja url blog yang terindeks pada pencarian google, url error atau ketika ada isu-isu tertentu pada blog maka akan terdeteksi melalui fitur ini, dan kategori yang paling penting pada fitur ini adalah queries, di mana dalam kategori tersebut kita bisa mengetahui keyword-keyword penting yang biasa diketikkan pembaca pada mesin pencari Google sehingga mereka bisa sampai pada blog kita. 

- URL Inspection, Fitur ini berfungsi untuk melacak apakah blog atau url artikel yang kita tulis sudah terindeks dengan benar oleh mesin pencari. Dan kalau hasilnya sudah centang ijo di setiap kategori, berarti URL kita aman di mata mesin pencarian. Terus kalau belum terindeks oleh mesin pencari gimana? Yuk lanjut baca fitur selanjutnya, yuk ~

- Sitemap, dengan fitur ini, kita bisa memperluas jangkauan artikel yang sudah kita publish dengan cara submit url artikel tersebut pada kolom perayapan. Jadi jangan lupa, setiap kamu memiliki artikel baru, submit url-nya ke fitur sitemap dari Google Search Console ini, biar cepat terindeks oleh mesin pencari sehingga artikel yang kita tulis jadi lebih bermanfaat dan banyak yang baca juga.

- Page Experience, fitur ini melacak kinerja blog yang mencakup pengaturan struktur blog, kecepatan blog, serta tingkat ke-responsif-an blog bagi pengguna mobile device. Dan apabila ada isu-isu tertentu, kita juga bisa langsung memperbaikinya dengan menggunakan pertunjuk yang ada pada setiap isu yang terdeteksi.

Saya jadi agak galau pas lihat Page Experience blognya Mas Pewe yang dapat centang ijo semua, sementara saya masih ada yang merah. Pengen ngoprek tapi masih belum paham, duh. Kepada Mas Pewe tolong kasih bocoran ke saya bagaimana itu caranya page experience nya dapat ijo semua ^^'  *woro-woro pake toa*. Etapi biasanya Gilang yang jago kalau soal struktur blogspot begini, karena selama mengikuti kelas SEO dari BRT setiap ada error, selalu Gilang yang pasang badan buat bantu kita para pengguna Blogspot, Maacih ya, Ge.. 

Oke, sebelum ngelantur kemana-mana.. sampai di situ dulu pembahasan tentang Google Search Console yang siapa sangka ia dulunya adalah Google Webmaster. Makanya saya nggak begitu asing dengan fitur-fiturnya *mulai deh sok taunya*

Dan... Gila ya saking galaunya lihat update di grup On Page 2 Kelas SEO BRT di mana temen-temen udah pada setor semua menjelang DL, akhirnya saya lanjut menulis artikel hasil rangkuman webinar ini sampai pagi buta, jadi moon maap kalau ada typo atau salah kata. Jiaaaan mantap semangat dari kalian!!

Oke sekian

Arti Istilah yang ada di Google Analytics dan Google Search Console











1 Komentar:

Susi Susindra said... Reply Comment

Ternyata di Google Search Console ada Page Experience yang bisa mengaudit blog ya. Wah saya sudah lama ga belajar SEO-SEO-an. Sudah blank semua.
Wes pokoke menulis, ntar kalau jodoh bisa dapat kelas lagi.

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .