Personal Blog, Lifestyle, Parenting, Review, Culinary, Travel, Tips and more...

About Me

ZenCore; Senyata-nyata "Jalaran Tresno Soko Kulino"

with 7 comments
ZenCore


Halo Buibu yang setiap hari harus siap siaga memantau anak-anak selama PJJ alias Pelajaran Jarak Jauh atau istilah kekiniannya sekolah online.. Masih sehat jiwa dan raga, kah? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT ya, Buibu, biar bisa selalu ikut mendampingi perkembangan buah hati sekaligus dalam memahami puluhan materi sekolah yang diberikan selama PJJ.

Pilihan antara PJJ dan Sekolah tatap muka ini bagi saya sendiri bagai makan buah simalakama, pengennya sekolah segera kembali normal, masuk Senin sampai Jumat agar anak bisa mengikuti pelajaran dan menerima materi seperti biasa, tapi.. gimana dong keadaan masih seperti ini, malah bikin resah juga kalau dipaksa masuk sekolah. Terus kalau PJJ juga saya berasa kurang maksimal penyampaian materinya, jadi setiap kali Kakak yang sekarang ini ada di kelas 8 bilang "Mah.. Aku belum paham materinya ini, ngerjain tugasnya gimana, Mah?", biasanya kalau sudah begitu saya auto mikir buat cari materi tambahan di Google atau Youtube. 

Di sini pasti ada yang menggumam dalam hati "Kok, nggak tanya langsung ke guru mata pelajarannya, Bund?", dan saya yakin juga ada yang punya jawaban seperti saya "Namanya PJJ dari rumah, pasti kadang disambi mengerjakan pekerjaan rumah lain, jadi kadang ada aja guru yang kurang responsif ketika dimintai penjelasan mengenai materi yang diberikan", dan itu menurut saya sangat kurang efektif, terlebih bagi Buibu yang menyandang status working mom, di mana waktu dan tempat seringnya jadi permasalahan tersendiri saat mengarahkan anak-anak selama PJJ. Iya, ini sebenarnya salah satu kendala yang saya alami.

Mencari tambahan materi di Google dan Youtube memang sedikit membantu, tapi semangat anak-anak untuk mempelajari materi jadi sedikit demi sedikit ikut surut juga karena kurangnya penjelasan materi yang diterima. Dan saat menghadapi dilema seperti itu saya pun mulai memutar otak, mencari tau bagaimana caranya memotivasi dia agar tetap semangat belajar selama PJJ, entah itu dengan menjaga mood-nya biar nggak tantrum duluan, atau se-receh mengiming-imingi makanan kesukaannya biar dia lebih semangat lagi.

Berkenalan dengan Fitur ZenCore dari Aplikasi Belajar Zenius untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Selain 2 trik di atas, salah satu cara lain yang lebih efektif menurut saya adalah dengan mengenalkannya pada ZenCore, fitur pembelajaran yang bisa digunakan #mulaidarimanaaja ketika dia mau Download aplikasi Zenius di Smartphone Android-nya.

•••

Yuk, Kak, kita berkenalan dengan ZenCore biar makin semangat, Yuk!

ZenCore merupakan salah satu fitur baru yang terdapat dalam Aplikasi belajar Zenius. Dalam fitur tersebut nantinya kakak akan disuguhkan dengan pilihan latihan soal untuk meng-upgrade Fundamental Skills yang bakal bermanfaat untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otak agar kedepannya kakak memiliki cara berpikir yang makin cerdas dan cemerlang, untuk pilihan latihan soalnya sendiri meliputi soal Matematika, Verbal & Logika, serta Bahasa Inggris, fitur yang terdapat dalam ZenCore tersebut dinamakan dengan CorePractice.

Download aplikasi Zenius untuk Push Rank dengan ZenCore

Dan menariknya.. dengan menyelesaikan setiap soal di dalamnya, nanti kakak akan mencapai tingkatan level sesuai kemampuan kakak, jadi kayak belajar sambil bermain game gitu ada level-levelnya <3. Soal yang diberikan pun bukan soal yang sulit banget kok, tingkat kesulitannya dimulai sesuai level masing-masing, jadi sembari meningkatkan motivasi semangat belajar dan meningkatkan kemampuan otak dalam mengerjakan tugas sehari-hari, kakak jadi berasa main game juga. Di sini kakak nggak perlu takut salah, karena nanti akan ada video pembahasan dari soal-soal yang sudah dikerjakan sebelumnya, jadi kakak bisa paham deh, apa saja yang kurang tepat dari jawaban kakak. Dah.. buruah gih, Download aplikasi Zenius dan cobain fitur ZenCore ini, nggak bakal nyesel.

Selain itu.. dengan menggunakan fitur ZenCore tersebut, kakak juga bisa mendapat Insightful Knowledge atau pengetahuan seluas samudra dari berbagai sisi seperti filsafat, ilmu dasar (basic sciences), sejarah (big history), dan lain sebagainya, sehingga kakak bisa mengamati isi dunia ini dari perspektif atau sudut pandang yang lebih luas lagi. Tapi.. kakak sabar dulu, karena fitur yang satu ini masih dalam tahap pengembangan. Dan pasti Zenius akan menghadirkan materi dalam fitur Insightful Knowledge semenarik CorePractice yang sudah ada saat ini. Jadi sementara seneng-senengnya sama CorePractice aja dulu yaaa ^^

•••

Menurut Zenius sendiri, untuk semua materi CorePractice yang terdapat di fitur ZenCore ini, merupakan materi utama yang perlu dilatih karena nantinya akan menjadi fondasi dalam berpikir, fondasi ini harus bisa dikuasai oleh setiap orang terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjaannya. Jadi, Buibu juga bisa ikut mencoba melatih kemampuan otak dengan menjawab soal dari ZenCore #mulaidarimanaaja, tapi jangan lupa.. Download aplikasi Zenius dan membuat akun dulu, ya. Sekalian latihan, masih ingat nggak sama pelajaran yang diterima pas sekolah dulu :))

Download aplikasi Zenius

Nah.. jadi saya pikir dengan rutin mengerjakan latihan soal yang ada di ZenCore, selain melatih skill dan knowledge serta mengasah sekaligus meningkatkan kemampuan otak agar lebih cepat dalam menangkap isi materi PJJ yang diberikan, saya juga percaya kalau anak saya akan termotivasi dan semangatnya tetap terjaga, karena ketika dia sudah mencoba CorePractice, dia bakal penasaran dan terus mengerjakan soal di dalamnya untuk mencapai target level yang sesuai dengan kemampuannya. Dan pada akhirnya karena sudah terbiasa dengan mengerjakan soal-soal di ZenCore #mulaidarimanaaja untuk mencapai level tertinggi seolah-olah sedang bermain game, dia juga akan terbiasa menghadapi sistem PJJ dengan linimasa yang tiba-tiba; pagi dapat materi, di mana dia belum sepenuhnya paham dengan materi tersebut, dan di hari itu juga dia harus mengumpulkan tugasnya.

Tapi jujur, setelah Download aplikasi Zenius dan mengenalkan anak saya dengan ZenCore ini, saya sedikit lega, paling enggak dia bisa bertahap #mulaidarimanaaja, karena kalau soal Matematika pasti nggak bakal berada di urutan pertama versi dia, entah itu Bahasa Inggris, atau Verbal & Logika, selama anaknya enjoy mengerjakannya, emaknya mah cukup merasa bahagia, toh apapun dari ZenCore yang menarik perhatiannya, kalau sudah terbiasa, nanti juga dia lama-lama cinta dengan kegiatan baru yang penuh ilmu selama PJJ itu :))

Oke sekian sharing session kali ini. Buibu boleh juga dong share pengalaman PJJ dengan anak-anak di rumah... 

Meningkatkan Skill dan Knowledge dengan ZenCore





7 Komentar:

nurul rahma said... Reply Comment

Nah ini bisa banget ngebantu ibu2 jaman now
soalnya materi pelajaran makin suliiitt

butuh banget bantuan dari zencore ye kan

unggulcenter said... Reply Comment

Prosedurnya install dulu Zenius baru zencore berarti ya mba. Mau coba deh buat anak.

Yudichu said... Reply Comment

Ngebantu banget ya Zencore ini. Bener banget, gak semua pelajaran bisa kita bantu. Ponakanku kadang juga nanya pelajaran hhe.

Ruli retno said... Reply Comment

Menarik nih, aku jadi pengen ngasi tau anakku yang tahun ini naik kelas 6. Mana tau dia suka yg pake level gini

lendyagasshi said... Reply Comment

Kok unik banget yaa...aplikasi ZenCore ini.
Biasanya aplikasi lainnya memberikan latihan sesuai dengan bab yang dipelajari. Tapi ini seperti gamifikasi yang berlevel gitu yaa..
Jadi pengen ikutan nyobain tantangan ini...seru banget.

Ghozaliq said... Reply Comment

Hihihi sebagai orangtua jaman sekarang, kudu ikutan belajar buat memandu anak yang PJJ,
go to playstore ah...

Marfa Umi said... Reply Comment

Seru juga konsep Zencore ini. Bisa jadi selingan kalau bosen belajar online terus tapi dengan cara seru karena kaya main game ya, bisa push rank ala-ala. Yang pasti topiknya mengenai fundamental skills yg praktikal tp ada di teori keseharian juga sih

Send Me Your Questions Here!

elisa.fariesta@gmail.com

. . . . . .